Beranda Ruwa Jurai Lampung Utara Rumahnya Hanya 3 Km dari Pemkab Lampung Utara, Penderita Kaki Gajah Ini...

Rumahnya Hanya 3 Km dari Pemkab Lampung Utara, Penderita Kaki Gajah Ini tak Pernah Dapat Bantuan

642
BERBAGI
Ketua DPRD Lampung Utara‎,Romli, saat mengunjungi Nirwanto, penderita penyakit kaki gajah, Selasa lalu (15/10/2019).
Ketua DPRD Lampung Utara‎,Romli, saat mengunjungi Nirwanto, penderita penyakit kaki gajah, Selasa lalu (15/10/2019).

Feaby|Teraslampung.com

Kotabumi–Meski hanya berjarak sekitar tiga kilometer dari pusat pemerintahan Lampung Utara, namun Irwanto (25), warga Kelurahan Kelapa Tujuh yang diduga menderita penyakit kaki gajah, tidak pernah mendapat bantuan pengobatan dari Pemkab Lampung Utara.

Padahal, penyakit yang diderita oleh Irwanto telah berlangsung sejak dua puluh tahun silam. Lantaran, tergolong keluarga kurang mampu, kaki dan perut bagian kiri yang bersangkutan terus membengkak hingga kini.

Terungkapnya kisah pilu ini saat Romli, Ketua DPRD Lampung Utara yang belum genap sehari menjabat mengunjungi Nirwanto di kediamannya yang berada di RT 3/LK I, Kelurahan Kelapa Tujuh, Selasa siang (15/10/2019).

Iskandar, ayah Irwanto menceritakan kepada Romli bahwasanya penyakit yang diidap oleh putra bungsunya itu sejak usia 5 tahun. Di awal kelahirannya, putranya itu terbilang normal. Namun, menginjak usia lima tahun mulai terlihat kelainan di bagian kaki kiri Irwanto.

“Jari hingga pangkal pahanya mulai membengkak,” kisah dia.

Sejak itu, pembengkakan terhadap kaki dan bagian perut putranya terus saja terjadi. Puncaknya, setahun terakhir ini. Pembengkakannya kian drastis hingga terlihat seperti batang pohon kepala.

Kendati sedih melihat kondisi putra kesayangannya, namun ia mengaku tidak dapat berbuat banyak untuk menyembuhkan penyakit putranya karena tidak ada biaya. Jangankan untuk mengobati, sekedar memeriksakan kepada dokter untuk mengetahui jenis dan nama penyakit putranya saja, ia tak mempunyai uang.

“Kami keluarga miskin tidak punya uang untuk pengobatan,” tuturnya sembari tatapannya menerawang ke langit – langit rumahnya.

Tergugah dengan apa yang dilihat dan didengarnya, ketua DPRD Lampura, Romli mengatakan, pihaknya akan segera berkoordinasi dengan pihak terkait supaya Irwanto mendapat pengobatan yang layak. Sebab, sudah menjkadi kewajiban negara untuk memberikan bantuan kepada rakyatnya yang membutuhkan.

“Kami akan berupaya agar saudara kita Irwanto memperoleh pengobatan yang selayaknya. Harapannya, penyakitnya dapat segera sembuh setelah diobati,” terang dia.

Loading...