Beranda Ruwa Jurai Lampung Selatan Rycko Buka Musrenbang Kecamatan Katibung

Rycko Buka Musrenbang Kecamatan Katibung

203
BERBAGI
Bupati Rycko Menoza meresmikan jalan di Sukajaya Lamsel

Lampung Selatan, Teraslampung.com–Bupati Lampung Selatan Rycko Menoza membuka secara resmi Forum Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kecamatan Katibung tahun 2014, di Gedung Serba Guna (GSG) Bakhong Gawi Kecamatan Katibung, Rabu (19/02).

Dalam sambutannya Bupati memaparkan berbagai capaian yang telah diraih Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan. Antara lain naiknya pendapatan asli daerah (PAD) dan dana APBD tiap tahun.

“Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Lampung Selatan dari tahun ke tahun juga mengalami peningkatan signifikan, dimana pada tahun 2013 ini mencapai Rp. 87,392 miliar rupiah, naik dibandingkan pada awal kepemimpinannya pada tahun 2010 yang hanya Rp. 59,8 miliar,” kata Rycko.

Rycko mengatakan PAD bersumber dari pajak daerah, retribusi daerah, hasil pengolahan kekayaan daerah, serta dari penerimaan lainnya. Bupati mengharapkan kepada masyarakat Lampung Selatan yang belum membayar pajak atau retribusi untuk segera membayarnya.

“Saya harapkan kepada sejumlah SKPD yang ada untuk melakukan koordinasi dan mendata perusahaan-perusaahan yang ada di Lampung Selatan khusunya di Kecamatan Katibung agar dapat turut serta andil dalam hal pembangunan di kabupaten Lampung Selatan,” ujarnya.

Menurut Rycko peran serta masyarakat dan perusahaan yang ada di Kecamatan Katibung ini merupakan modal untuk meningkatkan PAD Kabupaten Lampung Selatan. Karena menurutnya, PAD yang didapat dari masyarakat akan dipergunakan untuk pembangunan Kabupaten Lampung Selatan ke depan.

Hasil dari Musrenbang ini nantintya akan dijadikan sebagai acuan dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Lampung Selatan tahun 2015.

Hadir dalam acara tersebut Sekretaris Daerah Kabupaten Lampung Selatan Ir. Sutono, MM beserta para Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), Camat dan Uspika Kecamatan Katibung, tokoh adat, tokoh agama serta ratusan masyarakat Kecamatan Katibung.

Pada kesempatan tersebut Bupati juga menyerahkan bantuan dari Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Pedesaan (PNPM-MPd) Kecamatan Katibung tahun 2014 Alokasi Surplus Dana Sosial RTM berupa Bantuan Langsung Masyarakat (BLM) sebesar Rp3 miliar serta Master Plan Percepatan dan Perluasan Pengurangan Kemiskinan Indonesia (MP3KI) sebesar Rp8 miliar rupiah.

Usai membuka Musrenbang Kecamatan Katibung, Bupati juga meresmikan pembangunan jalan lapen aspal di Desa Sukajaya sepanjang 1.175 meter, selain itu Bupati yang didampingi Uspika Kecamatan katibung juga meresmikan pembangunan drainase (siring) dan TPT bantuan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perdesaan (PNPM-MPd) serta swadaya masyarakat sebesar Rp 339 juta. (Hermansah)

Loading...