Rycko: Jadikan Hari Pahlawan Sebagai Inspirasi Generasi Penerus Bangsa

  • Bagikan

Iwan J Sastra/Teraslampung.com

Bupati Lampung Selatan Rycko Menoza menabur bunga di Taman Makam Pahlawan Kesuma Bangsa, usai menjadi inspektur upacara peringatan Hari Pahlawan, Senin (10/11).

KALIANDA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan, menggelar upacara peringatan Hari Pahlawan yang dirangkai dengan Peringatan Hari Kesehatan Nasional dan  Peringatan Hari Ulang Tahun Kabupaten Lampung yang Ke-58 tahun 2014, di Stadion Raden Intan, Kalianda, Senin (10/11).

Pelaksanaan upacara yang dipimpin langsung oleh Bupati Lamsel H. Rycko Menoza, SZP itu,  diikuti oleh jajaran Forkorpimda Lamsel, Asisten Bupati, Staf Ahli Bupati, para Kepala SKPD Pemkab Lamsel, Tokoh Adat Lamsel, OKP, Ormas, Istri para pejuang, serta para pelajar dan mahasiswa.

Pada kesempatan itu Rycko Menoza menyampaikan, rangkaian peringatan Hari Pahlawan, Hari Kesehatan Nasional dan Hari Ulang Tahun Kebupaten Lampung Selatan tahun ini, diharapkan menjadi sarana atau momentum untuk membangkitkan motivasi, inovasi dan kreativitas, serta juga menjadi refleksi dan koreksi bagi semua dalam upaya membangun daerah Lampung Selatan tercinta.

Menurutnya, sejarah menunjukkan bahwa berdirinya suatu daerah diperlukan adanya perjuangan panjang. Oleh karena itu, lanjutnya, Kabupaten Lampung Selatan tidak akan bisa berdiri menjadi daerah yang maju dan berkembang sedemikan rupa seperti  saat ini, tanpa adanya perjuangan para pendahulu, pendiri, serta pahlawan yang telah mengorbankan jiwa, raga, pikiran serta hartanya demi Lampung Selatan.

“Sejarah juga mencatat, bahwa berdirinya suatu negara ataupun daerah membutuhkan perjuangan, pengorbanan, ikatan persatuan dan kesatuan  serta komitmen yang kuat dari para pendahulu, para pahlawan, seperti halnya berdirinya Kabupaten Lampung Selatan yang kita cintai ini,” ujarnya.

Diungkapkannya, sikap kepahlawanan tersebut merupakan sebuah perwujudan tindakan dan pengorbanan yang penuh militansi. Oleh sebab itu, masyarakat Lamsel diminta agar memaknai  semua  itu jangan hanya sekedar melalui ungkapan saja, tetapi harus dijadikan sebagai kekuatan moral yang dapat diterapkan di semua aspek kehidupan bermasyarakat pada masa kini dan masa yang akan datang.

“Kita semua pastinya berharap, bahwa peringatan Hari Pahlawan ini akan menjadi inspirasi bagi generasi  penerus, bahwa semangat juang dan semangat kebangsaan para pahlawan akan selalu terpatri di dada setiap insan Indonesia dan menjadi kebanggaan atau idola sepanjang masa,” harapnya.

  • Bagikan