Beranda Pendidikan “Sajak Sebatang Lisong” Jadi Puisi Wajib Lomba Baca Puisi SMPN 4 Baradatu

“Sajak Sebatang Lisong” Jadi Puisi Wajib Lomba Baca Puisi SMPN 4 Baradatu

241
BERBAGI

BARADATU, Teraslampung.com – Satu pe rsatu peserta naik ke atas panggung sederhana di bagian sisi sebuah taman di laboratorium IPA SMPN 4 Baradatu dengan membacakan bait-bait sajak WS Rendra “Sajak Sebatang Lisong” dengan mimik wajah yang seriu, dalam lomba baca puisi antar siswa di SMPN 4 Baradatu,

Kegiatan itu  merupakan lomba perdana baca puisi di sekolah tersebut setelah usai melaksanakan Ujian Semester ganjil (US) pada tahun pelajaran 2015/2016 pada 2-8 Desember lalu. Diambilnya salah satu puisi karya Penyair terkenal Indonesia WS Rendra itu untuk lebih mendekatkan lagi karena buku-buku pelajaran Bahasa Indonesia banyak memuatnya bahkan terkadang muncul disoal,-soal ulangan siswa, demikian dijelaskan salah satu juri pada lomba baca puisi, Sevriyanti yang juga guru di SMPN 4 Baradatu.

“Lebih lanjut lagi kegiatan lomba ini sebagai sarana mencintai baca puisi dan melatih mental siswa untuk berani dan unjuk potensi diri yang dimiliki siswa”,ujar Sevri.

 Selain itu lomba baca puisi dinilai dengan berbagai aspek baik penjiwaan,vokal dan mimik wajah dalam pencitraan makna puisi. Salah satu juri baca puisi Silas Sukirno, S.Pd menuturkan bahwa kegiatan ini sangat positif bagi perkembangan karakter anak,

 “Dari kegiatan kecil seperti ini siswa dapat melakuan pembelajaran dari membaca,mendengarkan ,memahami dan mengetahui khasanah kesusastraan lalu praktek karya sastra dengan membaca puisi itu baik sekali”,kata Silas yang juga Kepala Sekolah SMPN 4 Baradatu.

Ditambahkannya, banyak bukusastra karya penyair Indonesia di perpustakaan sekolah yang dapat dibaca,”Sangat disayangkan buku-buku sastra diperpus yang bisa menambah pengetahuan anak-anak bukan hanya sastra tapi buku lain pun tersedia”,tambah Silas.

Lomba baca puisi diikuti seluruh kelas dengan mengirimkan perwakilan terbaik di kelas nya masing-masing baik dari kelas VII,VIII dan IX. Panitia memberikan hadiah dan piagam bagi pemenang 1,2 dan 3 saat pembagian raport nanti. Ana Viska Ketua panitia menjelaskan bahwa selain lomba baca puisi juga akan diadakan lomba Tausyiah,melukis,vokal grup,senam dan keindahan taman kelas serta kebun kelas.

“Teman-teman sangat sangat senang dengan perlombaan seperti ini apa lagi kami baru usai melaksanakan ulangan semester jadi ini sarana latihan dan refreshing yang baik,”kata  Ana.

Aan Frimadona Rosa

Loading...