Beranda Seni Sastra “Salah Satu Cabang Cemara”, Buku Cerpen Yuli Nugrahani Tentang Manusia yang...

“Salah Satu Cabang Cemara”, Buku Cerpen Yuli Nugrahani Tentang Manusia yang ‘Menari’

365
BERBAGI
Sampul buku kumpulan cerpen terbaru Yuli Nugrahani.

TERASLAMPUNG.COM — Cerpenis Yuli Nugrahani menerbitkan buku kumpulan cerpen tertajuk Salah Satu Cabang Cemara. Ini adalah kumpulan cerpen tunggal yang kedua karya cepernis Lampung itu. Sebelumnya, pada 2014 lalu Yuli menerbitkan Daun-daun Hitam yang terbit pada tahun 2014 berjudul Salah Satu Cabang Cemara. Diterbitkan oleh Komunitas Kampoeng Jerami (KKJ, Sumenep) bekerjasama dengan Komunitas Berkat Yakin (KOBER, Lampung).

Buku itu berisi 17 cerita pendek tentang hidup sehari-hari, yang dikatakan oleh Yanusa Nugroho pada tulisan pendek di sampul buku itu sebagai,”Inilah ‘dongeng’ kita hari ini. Ada suasana duka, pedih, namun sekaligus disadari bahwa itulah situasi yang tak mungkin kita hindari, yang terbaca di dalam ke-17 cerita ini.”

Judul buku kumpulan cerpen ini sama dengan judul salah satu cerpen yang termaktup dalam buku tersebut. Kisah tentang seorang perempuan peziarah yang berada di titik absurb dalam hidupnya. Titik yang kemudian membuahkan keraguan, antara tetap tinggal di negeri dingin di luar sana atau kembali ke negeri asalnya, titik yang menjadi pergulatan batinnya.

Cerpen-cerpen dalam buku ini ditulis antara tahun 2006 sampai 2016 dengan beragam tema. Hampir semuanya pernah dimuat di media, jurnal maupun antologi bersama penulis lain.

Yang menarik adalah sampul depan buku ini. Gambar yang terpampang merupakan salah satu cuplikan dari tari The Dark Side yang dibawakan oleh Kiki Rahmatika. Gerak tubuh Kiki si penari yang kemudian diolah oleh Devin Nodestyo, memberikan gambaran gerak seorang perempuan yang indah sekaligus kuat, namun juga misterius.

“Saya merasakan gerak tubuh Kiki pada tariannya yang kemudian diambil untuk sampul buku ini mewakili salah satu kehidupan yang kecil dan sederhana dari seorang manusia. Gerakan ini seringkali diabaikan oleh siapa pun, namun itulah kenyataan kemanusiaan yang memberi warna bagi seluruh semesta. Salah satu cabang cemara ingin menunjukkan hal tersebut,” ungkap Yuli Nugrahani.

Data Buku: 
Penulis: Yuli Nugrahani
Tata letak & desain sampul: Devin Nodestyo
Model sampul: Kiki Rahmatika dalam The Dark Side
Fotografer : Achmad Oddy Widyantoro (Oddzhaheho Creative)
Penerbit : Komunitas Kampoeng Jerami bekerjasama dengan Komunitas Berkat Yakin
ISBN : 978-602-74925-0-9