Beranda Ruwa Jurai Lampung Selatan Sambut HUT RI, Dinas Pendidikan Lampung Selatan Gelar Lomba Drumband Pelajar

Sambut HUT RI, Dinas Pendidikan Lampung Selatan Gelar Lomba Drumband Pelajar

523
BERBAGI

Iwan J Sastra/Teraslampung.com

Salah satu tim peserta Lomba Drum Band melakukan aksinya di Lapangamn Korpri Pemkab Lampung Selatan, Selasa (4/8/2015).

KALIANDA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan melalui Dinas Pendidikan (Disdik) setempat, menggelar lomba drumband antar pelajar Se-Kabupaten Lampung Selatan, Selasa (4/8). Lomba drumband antarsekolah yang dipusatkan di Lapangan Korpri Pemkab Lampung Selatan itu, dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-70 Kemerdekaan Republik Indonesia.

Acara lomba tersebut dibuka oleh Asisten Bidang Kesra Setdakab Lampung Selatan Dra. Ismar Kolina mewakili Bupati Lampung Selatan H. Rycko Menoza SZP, dan dihadiri para pejabat Pemkab Lampung Selatan.

Dalam sambutannya Ismar mengatakan, lomba drumband tingkat pelajar ini dapat dijadikan sebagai belajar kedisiplinan bagi para peserta didik mulai dari tingkat SD, SMP, SMA dan SMK. Menurutnya, dalam lomba drumband ini masing-masing siswa dituntut  kompak, baik itu dalam hal irama, tempo, maupun gerak.

“Kami harap para peserta lomba bisa tampil baik demi mengharumkan nama sekolah dan masing-masing personil  grup drumband. Lomba drumband ini juga entunya bisa memupuk rasa disiplin dan solidaritas antar sesama teman, karena yang dibutuhkan adalah sebuah kekompakkan yang dipadukan kedalam sebuah lagu dan gerak,” ujarnya.

Pemerintah daerah, lanjutnya, berharap kegiatan lomba drumband ini bisa terus diselenggarakan ditahun-tahun berikutnya. Dan bagi para pemenang lomba, kedepannya untuk terus diberikan pembinaan agar dapat membangun grup drumband yang lebih baik lagi.

“Mudah-mudahan program kegiatan pendidikan non formal ini bisa terus meningkat. Harapan kami, dukungan dari setiap sekolah bisa terus ditingkatkan. Supaya semua sekolah bisa ikut berpartisipasi dalam kegiatan yang sama ditahun-tahun berikutnya,” harapnya.

Dalam kesempatan itu, Kepala Disdik Lamsel Drs. H. Burhanuddin, MM, menjelaskan, selain dalam rangka menyambut HUT Kemerdekaan RI Ke-70, pelaksanaan lomba drumband antar pelajar ini juga memiliki tujuan untuk menjalin silaturahmi antar pelajar dan para guru di masing-masing sekolah.

“Kegiatan ini juga merupakan salah satu upaya disdik guna menyeleksi grup-grup drumband sekolah di Lamsel. Bagi peserta yang berhasil meraih juara, nantinya akan kami ikutsertakan dalam lomba drumband baik di tingkat provinsi maupun nasional,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Bidang PNFI Disdik Lamsel Syamsiah, SE menjelaskan, lomba drumband antar pelajar ini diikuti oleh 19 grup drumband dari masing-masing sekolah yang ada di Kabupaten Lamsel. Dengan rincian 10 grup drumband tingkat SD, 4 grup drumband tingkat SMP, dan 5 grup drumband tingkat  SMA/SMK dengan melibatkan sekitar 1.008 pelajar.

“Kegiatan lomba drumband tingkat pelajar ini merupakan salah satu agenda rutin tahunan bidang PNFI. Bagi pemenangnya, mendapatkan hadiah berupa uang tunai. Juara I mendapatkan hadiah Rp3.000.000, juara II Rp2.500.000 dan juara III Rp2.000.000. Selain mendapatkan dana pembinaan, para juara juga akan dibawa berdarmawisata,” katanya.

Loading...