Sambut Lomba Desa Tingkat Kabupaten, Desa Pekurun Selatan Lampura Gelar Rapat Persiapan

‎Camat Abung Tengah, Kasim (tengah) bersama Kepala Desa Pekurun Selatan, M. Tayib memimpin rapat persiapan lomba desa, Rabu (9/2/2022).
‎Camat Abung Tengah, Kasim (tengah) bersama Kepala Desa Pekurun Selatan, M. Tayib memimpin rapat persiapan lomba desa, Rabu (9/2/2022).
Bagikan/Suka/Tweet:

Feaby Handana | Teraslampng.com

Abung Ten‎gah — Untuk menyambut perlombaan desa tingkat kabupaten, Desa Pekurun Selatan, Abung Tengah, Lampung Utara menggelar rapat persiapan lomba, di kantor Kepala Desa Pekurun Selatan, Rabu (9/3/2022). Lomba desa tingkat kabupaten sendiri ‎akan diadakan sekitar bulan Mei mendatang.

“Rapat kali ini merupakan bagian dari persiapan untuk menyambut lomba desa tingkat kabupaten pada Mei nanti,” jelas Camat Abung Tengah, Kasim sebelum rapat, Rabu ‎(9/3/2022).

Menurut Kasim, Desa Pekurun Selatan menjadi desa yang dipilih untuk mengikuti perlombaan desa tingkat kecamatan. Alasan penetapan Desa Pekurun Selatan ini dikarenakan semata – mata untuk pemerataan. Dari seluruh desa yang ada di kecamatannya, hanya Desa Pekurun Selatan yang belum mendapat kesempatan untuk mengikuti lomba tersebut.

“Desa – desa lainnya selain Desa Pekurun Selatan sudah pernah mengikuti lomba desa‎. Jadi, inilah alasannya kenapa desa ini dipilih untuk mengikuti lomba desa,” kata dia.

Kasim mengatakan, rapat ini untuk membahas dan mengetahui sejauh mana persiapan yang telah dilakukan pihak desa. Pelbagai perlombaan yang akan diikuti itu di antaranya kebersihan, administrasi desa, keamanan, dan PKK.

“Lombanya sekitar bulan lima atau bulan enam ini,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Lampung Utara, Abdurahman mengatakan, perlombaan desa mendatang menerapkan sistem yang agak berbeda dengan tahun sebelumnya. Hanya akan ada enam desa saja yang akan dilakukan penilaian dalam perlombaan kali ini.

Penilaian enam besar itu dilakukan berdasarkan hasil seleksi berkas yang saat ini sedang dilakukan. Bagi desa yang dinilai benar – benar layak akan dberikan kesempatan untuk masuk ke enam besar. Nantinya, keenam desa tersebut kan dinilai untuk ditentukan mana yang paling layak sebagai pemenang.

“Perubahan sistem ini agar menghindari kerumunan karena saat ini masih dalam pandemi Covid-19,” kata dia.

Di tempat berbeda, Kepala Desa Pekurun Selatan, M. Tayib mengatakan, ‎akan berjuang semaksimal mungkin agar desanya dapat berbuat banyak dalam perlombaan mendatang. Dengan demikian, kerja keras semua pihak yang terlibat akan berbuah manis.

“Semoga saja dalam perlombaan mendatang, desa kami dapat menjadi juara,” tuturnya.

You cannot copy content of this page