Sambut Puasa, Ribuan Warga Way Huwi Pawai Obor

  • Bagikan

R. Usman/Teraslampung.com

Tradisi pawai obor (ilustrasi)

Lampung Selatan—Menyambut Ramadhan, ribuan warga Desa Way Huwi, Kecamatan Jati Agung, Lampung Selatan menggelar pawai obor keliling kampung, Kamis (26/6) malam. Tradisi pawai obor dilakukan warga sebagai bentuk suka cita menyambut datangnya bulan suci Ramadhan.

masyarakat sangat antusias. Anak-anak hingga orang tua  memadatai jalan desa malam ini dengan berjalan kaki atau menggunakan sepeda motor mengelilingi kampung sambil membawa obor yang terbuat dari bambu.

Menurut Dailin, kegiatan pawai obor ini merupakan tradisi turun temurun di masyarakat Desa Way Huwi setiap tahun menjelang datangnya bulan suci Ramadhan yang bebeapa hari lagi akan
tiba.

Dailin mengatakan, kegiatan ini juga bertujuan untuk mempererat silahturahmi antarwarga
sekaligus meningkatkan kedekatan dan keakraban antar sesama kaum muslimin yang tidak lama lagi akan melaksanakan ibadah puasa.

Setelah mengelilingi kampung, tradisi lain yang dilakukan warga menyambut puasa adalah bermain bola api di halaman masjid. permainan ini dilakukan bergantian tanpa menggunakan
alas kaki, dan tidak ada rasa takut sedikit pun untuk menendang bola yang terbuat dari serabut kelapa yang sengaja dibakar.

Tradisi main bola api ini dilakukan hingga tengah malam tiba, biasanya olahraga berbahaya ini dimainkan oleh anak laki-laki secara bergantian.

  • Bagikan