Sampah Berceceran di Pinggir Jalan di Kotabumi, Ini Imbauan DLH Lampura

  • Bagikan
Tumpukan sampah‎ yang dibuang warga bukan pada tempatnya di Jalan Alamsyah Ratu Perwira Negara, Kotabumi, Lampung Utara, Senin (10/1/2021).
Tumpukan sampah‎ yang dibuang warga bukan pada tempatnya di Jalan Alamsyah Ratu Perwira Negara, Kotabumi, Lampung Utara, Senin (10/1/2021).

Feaby|Teraslampung.com

Kotabumi–Dinas Lingkungan Hidup Lampung Utara mengimbau kepada warga untuk membuang sampah pada tempat pembuangan sampah yang telah disediakan. Dengan demikian, tak akan ada tumpukan sampah yang mengganggu kenyamanan warga.

“Tak bosan – bosannya, kami imbau kepada warga supaya tetaplah membuang sampah pada tempatnya demi kenyamanan kita semua,” imbau Kepala DLH, Tomy Suciadi, Senin (10/1/2022).

Tomy juga menyarankan, pembuangan sampah rumah tangga hendaknya dilakukan di pagi atau malam hari. ‎Hindari membuang sampai di siang hari. Pembuangan sampah di siang hari hanya akan menimbulkan tumpukan baru karena proses pengangkutan sampah dilakukan pada pagi dan sore hari.

“Kalau buang sampahnya pagi atau malam hari, selain mempermudah pekerjaan petugas, kenyamanan warga juga akan tetap terjaga karena enggak ada tumpukan sampah,” jelasnya.

Meski pengangkutan sampah mnggunakan truk hanya dilakukan pada pagi dan sore hari, namun bukan berarti pengangkutan sampah di luar waktu tersebut tidak dilakukan. Terdapat tiga bentor yang dioperasikan untuk membersihkan sampah yang baru pada siang hari.

“Kalau petugas yang membawa bentor sudah membersihkan sampah sudah melakukan tugasnya maka sampah yang dibuang setelahnya terpaksa baru diangkut pada sore harinya,” kata dia.

Adapun jumlah truk pengangkut sampah yang mereka miliki saat ini dirasa lebih dari cukup. Mereka memiliki 10 unit truk sampah, dan tiga bentor. Rute yang dilewati ialah mulai dari daerah Candimas – Bernah, jalan protokol, dan sejumlah lainnya.

“Meski armada yang kami miliki cukup memadai, tapi tanpa kesadaran semua pihak, pembersihan sampah tak akan berjalan maksimal,” terangnya.

  • Bagikan