Beranda Ruwa Jurai Lampung Utara Sampah Menumpuk, Sungai Umban di Kotabumi Tebarkan Bau Busuk

Sampah Menumpuk, Sungai Umban di Kotabumi Tebarkan Bau Busuk

387
BERBAGI

Feaby/Teraslampung.com

Tumpukan sampah di Sungai Umban yang menimbulkan polusi udara dan dikeluhkan warga Kelurahan Kotabumi Tengah dan Sribasuki, Lampung Utara. 

‎KOTABUMI–Aroma busuk yang dikeluarkan oleh Kali Umban mulai dikeluhkan oleh warga Kelurahan Sribasuki dan Kelurahan Kotabumi Tengah, Lampung Utara. Bau busuk  diduga berasal dari tumpukan sampah warga yang tak terbawa air lantaran sedang musim kemarau. Akibat banyaknya sampah yang menumpuk tersebut, air sungai tersebut berubah menjadi hitam pekat.

“Bau busuk yang dikeluarkan Kali Umban sangat mengganggu kenyamanan warga,” kata Agung, warga Kelurahan Sribasuki, Minggu (2/8).

Menurut Agung, bau busuk yang sangat mengganggu penciuman ini kian menjadi sejak sepekan terakhir. Bau busuk itu diperkirakan bersumber dari banyaknya tumpukan sampah yang ada di Kali Umban. Selain menimbulkan bau busuk yang menusuk hidungn tumpukan sampah itu juga sangat mengganggu pemandangan. “Selain menimbulkan polusi udara, tumpukan sampah itu juga sangat merusak pemandangan,” tuturnya.

Ia berharap, Pemkab dapat segera melakukan pembersihan sampah yang menjadi penyebab bau busuk tersebut sehingga tak lagi mengganggu kenyamanan warga sekitar dan pengguna jalan lainnya. “Harapannya, Pemkab dapat membersihkan tumpukan sampah yang menimbulkan polusi udara di sini,” pinta dia.

Keluhan serupa diungkapkan Okta Sari, warga Kelurahan Kotabumi Tengah. Menurutnya, selain mengganggu kenyamanan warga dua Kelurahan, bau busuk itu juga mengganggu kenyamanan para pengguna jalan yang melintas di daerahnya. “Mestinya Pemkab segera menindaklanjuti keluhan ini. Karena polusi udara ini sangat mengganggu kami,” keluhnya.

Hingga berita ini diturunkan, Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) selaku kepala Instansi yang bertanggung jawab terkait polusi, belum berhasil dihubungi.‎

Loading...