Beranda Teras Berita Sampai Presiden Baru Dilantik, Chairul Tanjung akan Rangkap Lima Jabatan Menteri

Sampai Presiden Baru Dilantik, Chairul Tanjung akan Rangkap Lima Jabatan Menteri

151
BERBAGI
Chairul Tanjung (dok Forbes)

Bambang Satriaji/Teraslampung.com

JAKARTA — Sampai presiden terpilih dan wakil presiden terpilih, Joko Widodo dan Jusuf Kalla, dilantik pada pertengahan Oktober 2014 mendatang, dipastikan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Chairul Tanjung (CT) akan menjadi “manusia super” menjelang berakhirnya masa bakti Kabinet Indonesia Bersatu II.

CT akan merangkap lima jabatan menteri yang bakal ditinggalkan oleh anggota kabinet SBY yang lolos menjadi menjadi legislator 2014-2019. Sebelumnya, Presiden SBY mengisyaratkan agar para menteri Kabinet Indonesia Bersatu II  harus mundur sebelum pelantikan DPR RI pada 1 Oktober mendatang.

“Bapak Presiden memang memandang secara etika politik bahwa mereka yang akan dilantik 1 Oktober 2014 ini sedianya mengundurkan diri dari jabatan sebagai menteri,” kata juru bicara Presiden, Jumat (22/8).

Menurut Julian, Presiden SBY tidak berencana menunjuk menteri baru sebagai pengganti karena masa tugas pemerintahan 2009-2014 selesai pada 20 Oktober 2014. Biasanya bila ada ada menteri mundur maka untuk sementara jabatan dipegang oleh menteri koordinator. Jika itu terjadi, maka Menko Perekonomian yang akan merangkap jabatan di lima kementerian.

Julian memastikan, rangkap jabatan bagi CT tidak akan berdampak atau merusak kinerja. “Kan cuma 20 hari, tidak ada dampaknya. Selama ini saya juga kerja 24 jam sehari, tujuh hari seminggu sampai 20 Oktober,” kata dia.

Saat ini ada tujuh menteri yang lolos sebagai anggota legislatif pada Pemilu 2014 lalu. Yakni Menteri Koperasi dan UKM Sjarifuddin Hasan, Menteri Perhubungan EE Mangindaan, Menteri ESDM Jero Wacik — ketiganya dari Partai Demokrat (PD), Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Muhaimin Iskandar dan Menteri Pembangunan Daerah Tertinggal Helmy Faishal Zaini (PKB), Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan (PAN), dan Menteri Komunikasi dan Informasi Tifatul Sembiring (PKS).

Kementerian PDT, Kementerian ESDM, Kementerian Kehutanan, Kementerian UKM dan Koperasi, dan Kementerian Perhubungan, berada di bawah koordinasi Menko Perekonomian.

“Say siap (merangkap jabatan menteri,” kata Chairul Tanjung.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan menilai hal itu tidak akan menjadi masalah bagi CT. Dahlan mengaku tidak menghawatirkan rangkap jabatan tersebut akan mengganggu proses persetujuan atau berbagai hal lain terkait proyek BUMN yang membutuhkan campur tangan Menko.

“Tidak lah (mengganggu), 20 Oktober kan sudah pelantikan presiden baru. Jadi, (rangkap jabatan) itu hanya beberapa hari,” katanya.

Loading...