Beranda News Pusiban Saply Dilantik sebagai Bupati Mesuji, Ini Pesan Gubernur Lampung

Saply Dilantik sebagai Bupati Mesuji, Ini Pesan Gubernur Lampung

297
BERBAGI
Pelantikan Saply sebagai Bupati Mesuji untuk melanjutkan masa jabatan hingga 2022.

TERASLAMPUNG.COM — Gubernur Lampung Arinal Djunaidi melantik dan mengambil sumpah jabatan Saply TH sebagai Bupati Mesuji  untuk sisa masa jabatan 2020-2022, di Balai Keratun Lt. III, Kompleks Kantor Gubernur, Bandarlampung, Selasa (4/2/2020).

Sebelum dilantik sebagai Bupati Mesuji, Saply adalah Wakil Bupati Mesuji mendampingi Bupati Mesuji, Khamami. Saply menggantikan Khamami yang tersangkut kasus suap proyek insfrastruktur dan ditangani KPK.

Pelantikan Saply berdasarkan Surat Keputusan Menteri Dalam Negeri RI Nomor: 131.18-99 Tahun 2020, tanggal 20 Januari 2020 tentang Pengesahan Pengangkatan Bupati dan Pengesahan Pemberhentian Wakil Bupati Mesuji Provinsi Lampung.

“Bupati Mesuji harus bisa meningkatkan percepatan akselerasi pembangunan Kabupaten Mesuji dengan mengembangkan potensi yang dimiliki. Sebab kesinambungan pembangunan di Kabupaten Mesuji membutuhkan percepatan akselerasi pembangunan, dan dengan potensi yang dimiliki Kabupaten Mesuji diharapkan mampu menangkap peluang investasi yang besar,” kata Gubernur Arinal Djunaidi, saat menyampaikan sambutan.

Menurut Arinal, Mesuji menjadi salah satu prioritas di masa mendatang, terutama pengembangan potensi perikanan air tawar di Sungai Mesuji.

“Sungai Mesuji bisa dikembangkan untuk budidaya  ikan belida, ikan jelabat, dan ikan baung,” katanta.

Gubernur Arinal juga meminta Bupati Saply melaksanakan tugas dengan baik sesuai visi, misi dan program yang telah disepakati dengan DPRD, dan mengoptimalkan tugas, di antaranya segera mengambil langkah-langkah meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) dengan upaya memberikan pelayanan publik yang efektif dan efisien.

Selain itu, meningkatkan pelayanan publik yang menjadi urusan daerah sesuai standar pelayanan minimal yang telah ditetapkan oleh Kementerian dan Lembaga Non Kementerian. Juga menjalin kerja sama daerah, baik antar daerah, regional, dan internasional guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan percepatan pemenuhan pelayanan publik.

“Kemudian, menerapkan tata pemerintahan yang bersih dan baik dengan melakukan konsolidasi internal dan eksternal sesuai urusan pemerintahan yang menjadi kewenangannya; Berkoordinasi dengan Forkopimda terkait penyelenggaraan pemerintahan daerah dalam penyelenggaraan pemerintahan harus berpedoman asaz 5T yaitu tepat sasaran, tepat guna, tepat aturan, tepat tujuan, dan tepat hasil,” ujar Gubernur Arinal.

Gubernur Arinal mengimbau kepada anggota Forkopimda, Ketua dan Wakil Ketua DPRD, Sekretaris Kabupaten, Kepala OPD, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat dan seluruh lapisan masyarakat Kabupaten Mesuji untuk mendukung Bupati Mesuji.

“Saya yakin dan percaya dengan semangat serta kerjasama yang terjalin dengan baik antara pemerintah, masyarakat dan stakeholder terkait, Kabupaten Mesuji mampu meningkatkan roda perekonomian di segala bidang, yang pada gilirannya mampu mensejahterakan masyarakat,” ujar Arinal.

Gubernur juga berharap Bupati Saply mampu melakukan upaya-upaya sehingga tidak ada lagi masalah konflik di Register 45 Mesuji.