Beranda Ruwa Jurai Lampung Selatan Sarana Olahraga Milik Pemkab Lamsel Mulai tak Terawat

Sarana Olahraga Milik Pemkab Lamsel Mulai tak Terawat

326
BERBAGI

Iwan J Sastra/Teraslampung.com

Kondisi Stadion Raden Intan Kalianda, Kamis, 28 Agustus 2014. (Teraslampung.com/Iwan J Sastra)

KALIANDA – Sejak berakhirnya kegiatan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Lampung ke VII di Kota Kalianda, Kabupaten Lampung Selatan, pada bulan Maret 2014 lalu. Kini, kondisi sejumlah sarana dan prasarana olahraga di Kota Kalianda, yang pernah digunakan sebagai arena bertanding para atlet Pekan Olah Raga Provinsi (Porprov), nampak terlihat tidak terawat.
   
Seperti yang terlihat di Stadion Raden Intan Kalianda, sekarang ini. Berdasarkan pantauan Teraslampung.com, Kamis (28/8) siang tadi, di lokasi Stadion Sepakbola Kalianda itu, tampak terlihat rumput  alang-alang  sudah mulai meninggi dan tumbuh subur.
   
“Sejak berakhirnya kegiatan Porprov, beberapa bulan lalu,  stadion ini sepertinya tidak lagi mendapatkan perwatan khusus. Coba saja mas lihat sendiri, rumputnya sudah pada meninggi dan tumbuh subur. Beda pada saat akan dilangsungkannya pesta olahraga kemarin. Jangankan di bagian lapangannya, rumput yang tumbuh di pinggirannya pun hampir setiap minggu dipotong dan dibersihkan,” ungkap Jono, warga Kalianda yang setiap sore bermain di sekitar Stadion Raden Intan, Kalianda.
   
Menurut dia, semestinya keberadaan sarana olahraga yang merupakan aset milik pemerintah daerah ini, harus selalu dijaga dan dirawat agar tidak terkesan terbengkalai. Sebab, jika dibiarkan begitu saja, dipastikan lama kelamaan kondisinya akan bertambah rusak dan terkesan kumuh.
   
“Untuk membuat sarana dan prasarana olahraga itu, tentunya tidak sedikit dana yang dikeluarkan oleh pemerintah. Oleh karena itu, ada baiknya instansi terkait bisa memfungsikan serta merawat keberadaan sarana dan prasarana olahraga yang telah dibangun ini. Kan sayang jika dibiarkan begitu saja, kesannya nanti malah mubajir,” terangnya.
   
Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Lamsel Drs. Wirham Riyadi, saat dikonfirmasi terkait masalah tersebut mengatakan, bahwa selama ini pihaknya telah melakukan perawatan pada sejumlah sarana dan prasarana olahraga yang ada, meski aset milik pemerintah daerah tersebut, belum diserhakan sepenuhnya oleh Dinas Pekerjaan Umum (PU) Lamsel selaku penanggung jawab pembangunannya.
   
“Meski sejumlah sarana olahraga tersebut belum diserahkan kepada kami selaku dinas yang membidangi masalah keolahrgaan, namun upaya perawatan sudah kami lakukan. Seperti memotong dan menyemprot rumput ilalang yang terlihat mulai meninggi,” katanya.

Baca Juga: Lampung Selatan Juara Umum Porprov VII