Beranda Ruwa Jurai Lampung Utara Sat Pol PP Lampung Utara Kembali Tertibkan Pedagang Kali Lima

Sat Pol PP Lampung Utara Kembali Tertibkan Pedagang Kali Lima

195
BERBAGI
Suasana penertiban pedagang kaki lima yang dilakukan Satuan Polisi Pamong Praja Lampung Utara, Rabu (25/1/2017).
Feaby|Teraslampung.com
Kotabumi–Satuan Polisi Pamong Praja (Sat.Pol-PP) Lampung Utara kembali ‎menertibkan para pedagang kaki lima yang berjualan di atas trotoar di sejumlah ruas jalan, Rabu (25/1/2017).
‎Kepala Sat.Pol-PP, AKBP. Suratno melalui Kepala Bidang Penegak Perda dan Disiplin Aparatur Sipil Negara, Nizar Agung mengatakan penertiban dengan sasaran para pedagang kaki lima ini semata – mata untuk menjalankan instruksi Bupati Agung Ilmu Mangkunegara. Sebab, kata dia, Bupati menginginkan jangan sampai para pedagang kaki lima itu merampas hak para pejalan kaki dengan menggelar jualan di atas trotoar.
“Pak Bupati ingin trotoar itu sesuai fungsinya sebagaimana yang diatur dalam Perda. Karena, trotoar itu diperuntukkan untuk para pejalan kaki bukan untuk lapak dagangan,” kata dia kepada wartawan di lokasi.
‎Selain untuk membela kepentingan para pejalan kaki, menurut Nizar, razia ini juga untuk menjaga keindahan kota dan ‎kelancaran arus lalu lintas. Razia yang mereka lakukan tetap mengedepankan metode persuasif dengan cara memberikan imbauan dan pengarahan kepada para pedagang. Langkah tegas baru akan diambil manakala mereka tetap membandel usai diberikan peringatan dan pengarahan.
“Kalau masih bandel, kami terpaksa ambil langkah tegas kepada mereka,” tegasnya.
Namun, Nizar berharap, para pedagang mematuhi dan mengikuti semua imbauan yang mereka sampaikan. Sejatinya, semua imbauan dan arahan itu untuk kepentingan dan kebaikan mereka sendiri karena ancaman dari pelanggaran ini dapat berupa pidana maupun denda.‎
“Sesuai amanat Peraturan Daerah, mereka yang melanggar dapat dihukum enam bulan penjara atau denda Rp25 juta,” tandas pejabat penegak Perda ini.

 

Pantauan di lokasi, penertiban ini dilakukan di sepanjang Jalan Jenderal Sudirman, dan Jalan Lintas Tengah Sumatera atau Jalan Soekarno-Hatta, Kotabumi-
Loading...