Beranda Views Kisah Lain Satu Jam Seberangi Lautan, Kapolsek Cukuh Balak Dua Hari Berkantor di Pulau...

Satu Jam Seberangi Lautan, Kapolsek Cukuh Balak Dua Hari Berkantor di Pulau Tabuan

1627
BERBAGI
Kapolsek Cukuh Balak, Ipda Eko Sujarwo saat menyebarangi lautan menggunakan perahu bersama beberapa personelnya menuju ke Pulau Tabuan, Tanggamus.
Kapolsek Cukuh Balak, Ipda Eko Sujarwo saat menyebarangi lautan menggunakan perahu bersama beberapa personelnya menuju ke Pulau Tabuan, Tanggamus.

Zainal Asikin | Teraslampung.com

TANGGAMUS–Sebagai pengayom dan pelindung masyarakat serta untuk meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat khususnya di wilayah pulau terpencil di Kabupaten Tanggamus, Kapolsek Cukuh Balak, Ipda Eko Sujarwo melaksanakan berkantor diluar (Nomaden) di Pulau Tabuan.

Pulau Tabuan merupakan sebuah pulau yang berada di Kabupaten Tanggamus dan masuk dalam wilayah administratif Kecamatan Cukuh Balak. Posisi Pulau Tabuan, terletak dekat pintu masuk Teluk Semangka. Wilayah Pulau Tabuan memang relatif curam, berhutan lebat dan masih sulit dijangkau kendaraan pada umumnya saat akan menju ke pulau tersebut.

Kegiatan berkantor diluar di Pulau Tabuan itu, dilaksanakn selama dua hari yakni pada hari Kamis dan Jumat. Untuk melaksanakan pelayanan kepolisian baik pembuatan laporan kehilangan, SKCK dan sosialisasi Kamtibmas, Kapolsek Cukuh Balak Ipda Eko Sujarwo menyebarangi lautan menggunakan perahu bersama beberapa personelnya.

Personel Polsek Cukuh Balak Polres Tanggamus memberikan pelayanan kepada masyarakat Pulau Tabuan.
Personel Polsek Cukuh Balak Polres Tanggamus memberikan pelayanan kepada masyarakat Pulau Tabuan.

Kapolsek Ipda Eko Sujarwo mengatakan, kegiatan berkantor diluar yang dilakukannya di Pulau Tabuan selama dua hari tersebut, merupakan salah satu bentuk upaya pihaknya dalam memberikan pelayanan kepolisian guna mengurangi biaya resiko masyarakat mengurus administrasi kepolisian yang tinggal di Pulau terpencil tersebut.

“Dalam seminggu, dua hari kita upayakan berkantor diluar khususnya di Pulau Tabuan itu. Kegiatan yang dilaksanakan berupa pelayanan SKCK, sosialisasi Kamtibmas, patroli dialogis serta laporan administrasi kepolisian,”ujarnya kepada teraslampung.com, Minggu (19/7/2020).

Selain memberikan pelayanan kepolisian yang dibutuhkan masyarakat di pulau yang ditempuh selama 1 jam perjalanan laut tersebut, kata Ipda Eko Sujarwo, selanjutnya dilakukan patroli dialogis menyusuri ke perkampungan penduduk di empat pekon Pulau Tabuan tersebut yakni Pkon Sawang Balak, Sukabanjar, Karang buah dan Pekon Kutha Kakhang.

“Saat melakukan patroli dialogis, kami mengendarai sepeda motor milik warga setempat menyambangi para tokoh agama, masyarakat dan pemuda yang berada di empat Pekon di Pulau Tabuan,”ungkapnya.

Personel Polsek Cukuh Balak Polres Tanggamus saat melaksanakan patroli dialogis dan memberikan sosialisasi Kamtibmas kepada masyarakat di Pulau Tabuan.
Personel Polsek Cukuh Balak Polres Tanggamus saat melaksanakan patroli dialogis dan memberikan sosialisasi Kamtibmas kepada masyarakat di Pulau Tabuan.

Menurutnya, atas pelayanan kepolisian yang diberikannya dengan berkantor diluar tersebut, pihaknya mendapat sambutan baik dari masyarakat di Pulau Tabuan menerima dengan baik dan mengapresiasi karena kegiatan tersebut baru kali pertama ada dan dilaksanakan di Pulau Tabuan tersebut.

Selain itu juga, mereka dapat mengetahui upaya Polsek Cukuh Balak menjaga Kamtibmas di wilayah hukumnya benar-benar dilaksanakan. Bahkan para tokoh setempat, meminta untuk dibuatkan Pospol untuk mengantisipasi mencegah terjadinya pengeboman ikan serta gangguan keamanan lainnya.

“Alhamdulillah, respons masyarakat disana sangat baik sehingga terjalin komunikasi yang bagus. Mereka sangat senang, sebab tidak perlu jauh-jauh lagi untuk mendapatkan pelayanan SKCK sebagai syarat guna melamar pekerjaan. Mengenai pembuatan Pospol, kami akan koordinasikan sama pimpinan (Kapolres). Pastinya, kegiatan berkantor dilaur di Pulau Tabun tersebut akan terus kita lakukan,”pungkasnya.

Loading...