Beranda News Covid-19 Satu Keluarga di Kelurahan Sindangsari Lampura Positif Covid-19

Satu Keluarga di Kelurahan Sindangsari Lampura Positif Covid-19

119
BERBAGI
Ilustrasi virus Covid-19. foto: pixabay

Feaby|Teraslampung.com

Kotabumi–Satu keluarga di Kelurahan Sindangsari, Kotabumi, Lampung Utara ditemukan positif terpapar virus Corona 2019, Senin (18/1/2021). Dengan demikian, jumlah kasus Covid-19 Lampung Utara kini bertambah menjadi 737 orang.

“Satu keluarga yang terdiri ayah, ibu, dan dua anak di Sindangsari terpapar Covid-19,” terang Kepala Bidang Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit Dinas Kesehatan Lampung Utara, Dian Mauli, Senin (18/1/2021).

Asal penularan virus didapat keluarga itu dari kolega kepala keluarga mereka yang bekerja di BUMN. Salah seorang kolega kepala keluarga itu sebelumnya berstatus positif Covid-19.

Adapun mengenai alasan terjadi peningkatan kasus yang sangat signifikan belakangan ini, Dian Mauli mengatakan, banyak faktor yang menyebabkan hal itu. Faktor itu di antaranya longgarnya aturan tentang keramaian dan tingkat kepedulian warga yang mulai menurun, serta yang paling utama adalah libur akhir tahun lalu.

“Cuti bersama akhir tahun lalu menjadi faktor utama di balik penambahan kasus belakangan ini,” jelasnya.

Banyaknya kasus yang ditemukan belakangan ini tidak hanya terjadi di Lampung Utara tapi juga terjadi di hampir seluruh daerah. Akibatnya, ruang isolasi pasien Covid-19 termasuk di Lampung Utara telah terisi penuh.

“RS Ryacudu dan RS Handayani juga terdampak dengan penambahan kasus ini,” kata dia.

Sampai saat ini, dari 733 kasus yang ada, 539 orang dinyatakan sembuh, 15 meninggal dunia, sisanya sedang menjalani isolasi baik mandiri atau di lokasi karantina.