Beranda Ruwa Jurai Lampung Utara Sawah Kekeringan, Petani Desa Sidomukti Lampung Utara Terancam Gagal Panen

Sawah Kekeringan, Petani Desa Sidomukti Lampung Utara Terancam Gagal Panen

185
BERBAGI
Lahan sawah yang kekeringan di Desa Sidomukti, Abung Timur, Lampung Utara

Feaby|Teraslampung.com

Kotabumi–Sejumlah lahan sawah di Desa Sidomukti, Kecamatan Abung Timur, Lampung Utara terancam gagal panen karena telah mengalami kekeringan. Lahan sawah ‎di sana kini telah retak – retak akibat kekurangan pasokan air.

“Sawah – sawah petani di RK 3, Desa Sidomuk‎ti sekarang sudah mengalami kekeringan. Ini tak boleh dibiarkan,” kata Ketua Komisi II DPRD Lampung Utara, Wansori melalui aplikasi WhatsApp, Selasa (30/1/2018).

Menurut Wansori, instansi terkait, yakni Dinas Pertanian harus segera turun tangan mengatasi permasalah ini jika tak ingin melihat petani di sana menderita akibat gagal panen. Jumlah lahan yang mengalami kekeringan tak kurang dari sepuluh hektar.

“Harus ada langkah konkret dari instansi terkait untuk mengatasi persoalan ini. Kalau tidak, petani di sana akan merugi,” jelasnya.

Wansori mengatakan, langkah konkret dari pemerintah untuk mengatasi persoalan ini sangat diharapkan oleh para petani. Langkahnya dapat berupa perbaikan atau penyediaan pasokan air dan saluran irigasi dan sejenisnya.

“Bantuan dari pemerintah untuk persoalan ini sangat diharapkan oleh petani – petani di sana,” kata dia.

Sayangnya, hingga pukul 17.06 WIB, Kepala Dinas Pertanian, Sofyan belum dapat dihubungi terkait persoalan ini.