Beranda Teras Berita Sayembara Buku dan Lomba Hari Puisi Indonesia Masih Dibuka

Sayembara Buku dan Lomba Hari Puisi Indonesia Masih Dibuka

163
BERBAGI

Isbedy Stiawan ZS/Teraslampung.com

JAKARTA–Sayembara buku puisi dan Lomba Baca Puisi merayakan Hari Puisi 2014 masih dibuka. Kegiatan yang digelar Yayasan Panggung Melayu bekerja sama dengan Harian Indopos dan Yayasan Sagang, Riau, ini diprediksi akan meningkat dibanding tahun lalu.

Ketua Panitia Lomba sekaligus Ketua Yayasan Panggung Melaya Asrizal Nur mengatakan itu, saat dihubungi Jumat (13/6) malam.

Meski penutupan sayembara buku puisi pada 20 Juni 2014, kumpulan puisi yang telah diterima panitia saat ini sebanyak 80 judul buku. “Diperkirakan akan bertambah, biasanya mendekati hari penutupan banyak peserta yang mengirim,” kata dia.

Dia membandingkan tahun pertama kegiatan Hari Puisi ini digelar pada 2013, peserta “membombardir” justru jelang penutupan. “Kalaua tahun buku puisi yang masuk 120 judul, dan tahun ini kami perkirakan lebih banyak,” kata Assrizal yang dikenal sebagai pembaca puisi multi media.

Dia menyebut beberapa penyair yang tak asing lagi dalam dunia sastra ikut serta pada sayembara ini, selain beberapa nama baru. Di antaranya Ahda Imran (Bandung), Endang Supriyadi (Jakarta), Binhad Nurrohmat (Jakarta). “Ke 80 judul buku puisi para peserta sudah kami serahkan ke pada juri,” katanya lagi.

Sayembara Buku Kumpulan Puisi ini, Asrizal menambahkan, akan dipilih satu buku puisi terbaik, yang akan mendapatkan uang tunai sebanyak Rp50 juta. “Kemudian 5 judul buku puisi pilihan, masing-masing mendapatkan uang tunai sebesar Rp10 juta.”

Sementara Lomba Baca Puisi se-Indonesia yang akan ditutup 11 Juli 2014, saat ini yang telah mendaftar sebanyak 90 orang. Para peserta datang dari hampir seluruh Indonesia.

“Karena pendaftaran masih sebulan lagi, artinya akan terus bertambah yang mendaftar pada lomba ini, khususnya peserta dari Jabodetabek yang biasanya mendaftar mendekati hari penutupan,” ujar dia.

Asrizal Nur juga optimistis tahun ini peserta akan sebanding atau lebih meningkat dibanding tahun lalu yang mencapai 200 peserta. “Sehingga acara lomba dilaksanakan beberapa hari di halaman TIM Jakarta.”

Pengumuman Sayembara Buku Kumpulan Puisi merayakan Hari Puisi ini dijadwalkan akan dilaksanakan pada 18 atau 19 Juli 2014 dengan tajuk “Malam Anugerah Hari Puisi Indonesia” di Taman Ismail Marzuki, Jakarta, dan Harian Indopos.
Penyerahan para pemenang sayembara buku dan lomba baca puisi akan disampaikan oleh Rida K. Liamsi, penyair Riau dan salah satu penggagas Deklarasi Hari Puisi. “Seperti tahun kemarin, acara penyerahan hadiah bagi pemenang itu disanding dengan pembacaan puisi sejumlah penyair dari Tanah Air.’

Tradisi ini, imbuh Asrizal, akan dijadikan agenda tahunan oleh YPM, Yayasan Sagang, dan Indopos. “Doakan saja semoga tradisi ini bisa dipertahankan,” tutupnya.

Loading...