SBW Salurkan Puluhan Paket Sembako untuk Warga di Dua Kecamatan di Lamsel

  • Bagikan
Pengurus SBW Kecamatan Natar memberikan bantuan paket sembako kepada warga yang berhak menerima di Desa Haduyang, Kecamatan Natar, Lampung Selatan,Sabtu (30/10/2021).
Pengurus SBW Kecamatan Natar memberikan bantuan paket sembako kepada warga yang berhak menerima di Desa Haduyang, Kecamatan Natar, Lampung Selatan,Sabtu (30/10/2021).

Zainal Asikin | Teraslampung.com

LAMPUNG SELATAN—Sahabat Bunda Win (SBW), sebuah organisasi masyarakat dibawah binaan istri Bupati Lampung Selatan, Ny. Winarni Nanang Ermanto, melakukan bakti sosial (Baksos) dengan menyalurkan bantuan puluhan paket sembako kepada warga di dua Kecamatan di Kabupaten Lampung Selatan, Sabtu (30/10/2021).

Bakti sosoal tersebut dilakukan dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-93.

Giat sosial SBW peduli tersebut, dilakukan di dua titik Kecamatan di Kabupaten Lampung Selatan yakni di Desa Sukamaju, Kecamatan Sidomulyo dan Desa Haduyang, Kecamatan Natar.

Selain memberikan bantuan paket sembako seperti beras, minyak goreng, gula dan lainnya untuk warga  warga tidak mampu, lanjut usia (lansia) dan dhuafa, SBW juga menggelar  khitanan gratis untuk anak yatim.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut antara lain Herman Abdillah selaku pendiri organisasi SBW dan juga sebagai Ketua Baitul Muslimin Indonesia (Bamusi) Lampung Selatan, organisasi sayap PDI Perjuangan bersama pengurus SBW Lampung Selatan, Elis Purnama, Dwi Rahayu Ningsih (Yayuk), Wahyuni dan Siti Zainona.

Kemudian Ketua SBW Kecamatan Sidomulyo, Wiwik Ritanda dan pengurus lainnya yakni Sunarti dan Ning, Ketua TP PKK Kecamatan Sidomulyo, Ratna Suheri bersama jajarannya. Selain itu juga, Camat Natar, Rendy Eko Supriyanto bersama Kades Haduyang, Ketua SBW Kecamatan Natar, Ambar beserta pengurus SBW lainnya Kecamatan Natar.

“Kegiatan sosial SBW peduli yang dilakukan di dua titik Kecamatan di Kabupaten Lampung Selatan tersebut, yakni dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-93 tahun,”kata Ketua Sahabat Bunda Win (SBW) Lampung Selatan, Elis Purnama kepada teraslampung.com, Sabtu (30/10/2021).

Elis mengatakan, dalam giat sosial SBW peduli tersebut, memberikan bantuan puluhan paket sembako berupa beras, gula, minyak goreng dan lainnya kepada warga yang berhak menerima. Desa Sukamaju, Kecamatan Sidomulyo, ada sekitar 15 paket sembako yang diberikan ke warga yang berhak menerima di tiga Dusun yakni Dusun 1,2 dan 3.

“Giat sosial smenyalurkan bansos di Desa Sukamaju, saya bersama beberapa pengurus SBW Kecamatan Sidomulyo menggandeng petugas penyuluh Keluarga Berancana (KB) rayon Desa Sukamaju,”ujarnya.

Sementara di Desa Haduyang, Kecamatan Natar, kata Elis, ada sekitar 25 paket sembako yang diberikan ke warga tidak mampu, lensia dan dhuafa. Selain memberikan bantuan paket sembako, SBW peduli juga melaksanakan khitan gratis tiga anak yatim di Desa Haduyang, Kecamatan Natar.

“Bantuan yang diberikan, mungkin tidak seberapa nilainya. Mudah-mudahan, bisa membantu mereka yang memang berhak menerimanya. Yang jelas, ini adalah bentuk kepedulian dan kehadiran kami SBW Lamsel membantu peran pemerintah dan turut berbakti meringankan beban masyarakat,”ungkapnya.

Ia menambahkan, giat baksos SBW peduli, memang baru kali pertama ini atau perdana dilaksanakan dengan menyalurkan bantuan berupa paket sembako. Namun giat baksos SBW peduli tersebut, akan terus dilakukan dan bergulir disejumlah wilayah atau desa lainnya di beberapa Kecamatan yang ada di Kabupaten Lampung Selatan.

“Jadi tidak kali ini saja kita lakukan baksos tersebut, yang jelas akan terus bergulir. Hal ini juga sesuai dengan tagline SBW yakni ‘Bergerak Dengan Energi Cinta, Jangan Lupa Bahagia’,”tandasnya.

Sementara Herman Abdillah, selaku pendiri organisasi SBW menuturkan, SBW ini dibentuk belum lama ini, yakni pada bulan September 2021. Meski belum lama, sudah terbentuk kepengurusan SBW di lima Kecamatan diantaranya Kecamatan Natar, Sidomulyo, Candipuro, Way Panji dan Palas. Sementara untuk beberapa Kecamatan lainnya, masih dalam proses pembentukan.

“Sementara ini baru terbentuk di lima Kecamatan, dari lima Kecamatan itu ada sekitar 250 anggota dan kepengurusan SBW Lampung Selatan. Semua anggota dan kepengurusan SBW, memang dodiminasi oleh kaum emak-emak,”kata Herman.

Dikatakannya, kegiatan baksos yang dilakukan SBW, pastinya ia sangat mendukung  sepenuhnya adanya kegiatan tersebut dan kegiatan baksos SBW peduli itu akan terus bergulir.

“Untuk pengurus SBW di setiap kecamatan yang sudah terbentuk, agar supaya melaksanakan program kegiatan sosial SBW peduli tersebut,”ujarnya.

Paket bantuan berupa sembako yang diberikan kepada warga yang berhak menerima, kata Herman, merupakan dari iuran wajib dan gotong royong pengurus dan juga anggota SBW serta donasi peduli terhadap sesama.

“Dari gotong royong itu, alhamdulillah dapat menyalurkan bansos sembako kepada warga yang berhak menerima di dua titik Kecamatan Sidomulyo dan Natar. Kegiatan baksos SBW peduli ini dilakukan, yakni dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-93 tahun. Hal ini perlu dilakukan, tidak lain untuk meningkatkan semangat persatuan dan rasa kepedulian sosial,”pungkasnya.

  • Bagikan