SBY Didiagnosis Kena Kanker Prostat, Jokowi Kirim Tim Dokter untuk Dampingi Berobat ke Luar Negeri

  • Bagikan
Susilo Bambang Yudhoyono

TERASLAMPUNG.COM — Mantan Presiden RI, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY),  didiagnosis dokter menderita kanker prostat (prostate cancer). Hal itu berdasarkan pemeriksaan metode Magnetic resonance imaging(MRI), biopsi, Positron Emission Tomography (PET) Specific Membrane Antigen (SMA) Scan.

Terkait hal itu, SBY akan segera berobat ke luar negeri. Soal rencananya berobat ke luar, menurut staf pribadi SBY, Ossy Dermawan, sudah dibertahukan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Sesuai dengan etika dan tata krama yang dianut Bapak SBY, beliau sudah menelepon Bapak Presiden Jokowi untuk melaporkan rencana berobat ke luar negeri,” kata Ossy dalam keterangan tertulisnya, Selasa (2/11/2021).

Menurut Ossy, tim dokter yang menangani SBY menyimpulkan semua opsi terbuka untuk melakukan pengobatan dan penyembuhan Bapak SBY.

“Setelah dilakukan konsultasi yang mendalam dengan Tim Dokter Indonesia, termasuk para urolog senior, diputuskan dilakukan di sebuah rumah sakit di luar negeri yang memiliki pengalaman panjang dan teknologi yang maju untuk menangani kanker prostat,” katanya.

Ossu mengatakan pengobatan SBY ke luar negeri, kata Ossy, akan dilakukan dalam waktu dekat.

“Komunikasi yang dilakukan antara Tim Dokter Indonesia dan Tim Dokter negara sahabat tersebut berlangsung dengan baik dan pihak luar negeri sepakat dan bersedia untuk menangani Bapak SBY. Ketua Tim Dokter luar negeri dalam komunikasi langsung dengan Bapak SBY (via telemedicine),” katanya.

Meskipun didiagnosis menderita kanker prostat, kata Ossy, SBY tetap menjalankan kegiatan sehari-hari. Misalnya  menunggu klub bola voli Lavani berlatih, melukis, membaca dan menulis, berolahraga serta kegiatan-kegiatan lain.

“Bapak SBY memohon doa dari para sahabat khususnya dan masyarakat Indonesia umumnya agar medical treatment yang dilakukan dapat berjalan dengan baik,” kata Ossy.

  • Bagikan