Seandainya Malam Ini Indonesia Juara Piala Thomas, Bendera Merah Putih tidak Boleh Dikibarkan, Ini Sebabnya

  • Bagikan
Ganda putra Indinesia, Fajar Alfian / Muhammad Rian Ardianto, mengalahkan pasangan ganda putra tuan rumah Denmark dengan sua set langsung 21-14, 21-14, Sabtu malam WIB (16/10/2021). Kememangan ini menjadikan skor Indonesia - Denmar 3-1 sekaligus mengantat Indonesia ke final menghadapi China, malam ini (17/10/2021). Sumber: Youtube
Ganda putra Indinesia, Fajar Alfian / Muhammad Rian Ardianto, mengalahkan pasangan ganda putra tuan rumah Denmark dengan sua set langsung 21-14, 21-14, Sabtu malam WIB (16/10/2021). Kememangan ini menjadikan skor Indonesia - Denmar 3-1 sekaligus mengantat Indonesia ke final menghadapi China, malam ini (17/10/2021). Sumber: Youtube

TERASLAMPUNG.COM– Setelah kasus dipulangkannya atlet bulutangkis tim kejuaraan All England terkait vaksinasi Covid-19, kini tim bulutangkis Indonesia yang berlaga di Piala Thomas dan Piala Uber di Denmark juga kembali mendapatkan masalah.

Seandainya malam ini (17/10/2021) Indonesia menjadi juara Piala Thomas 2020, dipastikan Sang Saka Merah Putih tidak bisa dikibarkan sebagai resepsi kemenangan dan penyerahan piala.

Hal itu karena Indonesia sedang mendapatkan sanksi dari organisasi antidoping dunia atau World Anti-Doping Agency (WADA) karena Lembaga Anti-Doping Indonesia (LADI). Sanksi dijatuhkan kepada LADI pada pekan lalu karena LADI dinilai tidak benar-benar serius menangani persoalan doping di Indonesia.

Selain tidak bisa mengibarkan bendera merah putih di even olehraga internasinal, Indonesia juga dilarang mengikuti bidding menjadi tuan rumah multievent.

Kepastian Indonesia tidak bisa mengibarkan bendera Merah Putih pada even Thomas Cup Federasi Bulutangkis Dunia (Badminton World Federation) kepada Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia PBSI.

Menurut Ketua Bidang Hubungan Luar Negeri Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI), Bambang Roedyanto, pihaknya keberatan dengan sanksi tersebut, tetapi tidak bisa berbuat banyak. Sebagai gantinya, seandainya malam ini Jojo dkk memboyong Piala Thomas, bendera yang akan dikibarkan adalah bendera PBSI.

“(Indonesia) Pakai bendera PBSI karena ini turnamen biasa, dan bukan regional. Kalau Olimpiade kan pakai bendera NOC (National Olympic Committee),” kata Roedy, Minggu, 17 Oktober 2021.

Dengan dilarang bidding even internasional, berarti Indonesia tidak akan bisa mengincar untuk bisa menjadi tuan rumah SEA Games, Asian Games, dan lainnya.

“Kita hanya boleh bidding turnamen biasa, tapi tak boleh bidding Asian Games, SEA Games, dan Kejuaraan Dunia. Itu ada suratnya dari BWF,” Roedy mengungkapkan.

Badan Anti-Doping Dunia sebelumnya menyebut Indonesia tidak patuh karena tidak menerapkan program pengujian yang efektif. Dampaknya, Indonesia tidak berhak menjadi tuan rumah kejuaraan regional hingga dunia selama penangguhan, selain juga tidak memenuhi syarat untuk duduk sebagai anggota dewan di komite.

Indonesia masih diperbolehkan ikut pertandingan-pertandingan di kejuaraan regional, kontinental, dan dunia tapi tidak diperbolehkan membawa nama dan mengibarkan bendera negara selain di ajang Olimpiade.

Malam ini tim Piala Thomas Indonesia akan berhadapan dengan tim China pada laga final di Denmark. Indonesia lolos ke final setelah mengahlan tuan rumah Denmark dengan skor 3-1. Tim China lolos ke final setelah mengandaskan perlawanan tim Jepang dengan skor 3-1.

  • Bagikan