Beranda Hukum Sebanyak 1.336 Napi Rutan Way Hui Dipindah ke Lapas Wanita Bandarlampung

Sebanyak 1.336 Napi Rutan Way Hui Dipindah ke Lapas Wanita Bandarlampung

408
BERBAGI
Kepala Diisi Pemasyarakatan Kantor Kemenkumham Lampung, Edi Kurniadi
Kepala Diisi Pemasyarakatan Kantor Kemenkumham Lampung, Edi Kurniadi

Zainal Asikin | Teraslampung.com

BANDARLAMPUNG — Sebanyak 1.336 narapidana penghuni  Rumah Tahanan (Rutan) Kelas I A Way Hui, Lampung Selatan dipindahkan ke Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Wanita Kelas II A Bandarlampung, Selasa (24/4/2018).

Pemindahan para napi itu dilakukan karena Rutan Way Hui sudah kelebihan kapasitas.

Kepala Diisi Pemasyarakatan Kantor Kemenkumham Lampung, Edi Kurniadi, mengatakan ada sekitar 980 di Rutan yang dipindahkan ke Lapas Wanita. Begitu juga sebaliknya, ada sekitar 347 tahanan wanita dipindahkan ke Rutan.

“Sesuai dengan perintah, mereka para warga binaan ini kita pindahkan,”ungkapnya.

Dikatakannya, bukan saja over kapasitas, melainkan Lapas wanita ini sangat luas jika dibandingkan dengan Rutan. Oleh karena itu perlu dilakukan pemindahan, dengan harapan fungsi bangunan ini bisa menampung untuk semua tahanan.

Menurut Edi Kurniadi, pemindahan para napi dilakukan supaya ruangan di Lapas Wanita Kelas II dapat berfungsi semuanya.

“Karena Rutan Kelas I A Bandarlampung ini, lebih banyak penghuni warga binaannya jika dibandingkan dengan Lapas Wanita. Jadi mulai hari ini, Rutan Kelas I A berubah menjadi Lapas Wanita Kelas II. Sedangkan Lapas Wanita Kelas II, berubah menjadi Rutan Kelas I A. Hingga usai dilakukan pemindahan berjalan lancar,”terangnya.

Proses pemindahan para napi itu dilakukan petugas sipir dibantu aparat kepolisian Sabhara Polresta Bandarlampung dan TNI dari Kodim 0410 Bandarlampung.

Para napi dan tahanan tersebut berjalan kaki menuju ke Lapas perempuan kelas II dengan posisi tangan terantai atau terborgol secara estafet yang masing-masing memuat 10 napi dan tahanan.

Pengawalan pemindahan napi dan tahanan tersebut, dibarikade oleh 257 petugas sipir yang melakukan penjagaan dengan membentuk pagar betis serta polisi Sabhara Polresta Bandarlampung dan TNI dari Kodim 0410 Bandarlampung serta Kodim 0421 Lampung Selatan.

Kepala Rutan Way Hui, Dasep Rana Budi, mengatakan petugas dari Lapas Gunung Sugih, Metro serta Kalianda sengaja ditarik untuk membantu pemindahan tersebut.

Selain, kata Dasep, pihaknya dibantu 30 personel dari Polresta Bandarlampung dan 20 personel dari Kodim 0410 Bandarlampung dan Kodim 0421 Lampung Selatan.

“Kami lakukan pengamanan secara maksimal, untuk menjaga keamanan agar para napi dan tahanan tidak melarikan diri,”ujarnya.

Menurutnya, 10 napi dikeluarkan secara bergantian ke Lapas sebelah gedung Rutan. Sementara untuk pakaian dan barang lainnya milik para napi tersebut, sudah lebih dulu dipindahkan satu pekan yang lalu.

“Untuk proses pemindahan para napi dan tahanan ini, kita juga dibantu pengawalannya dari pihak kepolisian dan juga TNI. Jadi hari ini, kita hanya membawa para napi saja untuk dipindahkan ke gedung sebelah,” katanya.