Beranda Ruwa Jurai Lampung Utara Sebanyak 120 Pembudidaya Ikan Lampura Belajar di BPTKP Yogyakarta

Sebanyak 120 Pembudidaya Ikan Lampura Belajar di BPTKP Yogyakarta

54
BERBAGI
Kepala Dinas Perikanan, Paswani Hasyim usai melepas rombongan‎ pembudidaya ikan menuju BPTKP, Cangkringan, Sleman, Yogyakarta.

Feaby|Teraslampung.com

‎Kotabumi– Dinas Perikanan Lampung Utara mengirim 120 pembudi daya ikan ‎ke Balai Pengembangan Teknologi Kelautan dan Perikanan (BPTKP) Cangkringan, Sleman, Yogyakarta, Minggu siang (23/4/2017). Mereka akan belajar tentang budidaya ikan agar memiliki keterampilan lebih baik.

“Ke-120 pembudidaya ikan yang ke Yogyakarta ini berasal dari kelompok budi daya ikan (Pokdakan) di sini,” terang Kepala Dinas Perikanan, Paswani Hasyim usai melepas rombongan tersebut.

Menurut Paswani, tujuan pendidikan dan pelatihan kepada para pembudidaya ikan ini tak lain hanya untuk meningkatkan kemampuan dan pengetahuan para pembudidaya mengenai cara membudidayakan ikan yang baik dan benar. Diharapkan mereka dapat mempraktikannya dan menularkannya kepada para pembudidaya ikan di sekitar mereka setelah kembali ke kampung halaman.

“Setelah mendapat bekal ilmu dari sana, diharapkan kesejahteraan mereka meningkat dan dapat menyediakan benih dan bibit – bibit ikan yang berkualitas sehingga tak lagi perlu ke luar untuk membelinya,” terang dia. ‎

Masih menurut Paswani, program pendidikan dan pelatihan ini merupakan salah program penting yang dilakukan oleh instansinya. Sebab, tanpa pengetahuan dan kemampuan tentang budi daya ikan yang baik, hasil yang didapat para pembudidaya ikan di wilayahnya tak akan pernah maksimal meski berbagai sarana dan prasarana yang tersedia cukup baik.

“Jadi, saya minta para peserta pelatihan benar – benar serius menyerap ilmu di sana agar dapat dipraktikan di sini,” kata dia.‎

Ke-120 pembudidaya ikan yang berangkat kali ini, imbuhnya lagi, merupakan gelombang pertama dari program pendidikan dan pelatihan mereka. Gelombang kedua akan diberangkatkan ke daerah Sukabumi, Jawa Barat pada tanggal 15 Mei mendatang. Selama 7 hari, mereka juga akan menimba ilmu di Balai Besar Perikanan Budi Daya Air Tawar, Sukabumi.‎

“Gelombang kedua akan berangkat menuju BBPBAT Sukabumi pada 15 Mei mendatang,” terangnya.