Sebanyak 16 ASN di Lampung Utara Ajukan Gugatan Cerai pada 2020

  • Bagikan
Ilustrasi: HGW
Ilustrasi: HGW

Feaby|Teraslampung.com

Kotabumi–Sedikitnya enam belas Aparatur Sipil Negara di lingkungan Pemkab Lampung Utara tercatat mengajukan perceraian pada tahun 2020. Menariknya, pengajuan perceraian itu kebanyakan berasal adalah ASN dengan jenis kelamin perempuan.

“Tahun lalu ada 16 pengajuan perceraian yang kami proses,” jelas Inspektur Kabupaten Lampung Utara, M. Erwinsyah melalui Sekretaris Inspektorat, Herty Lenie, Selasa (21/9/2021).

Dari keenam belas kasus itu, du‎a belas di antaranya diajukan oleh ASN berjenis kelamin perempuan. Sisanya berasal dari ASN dengan jenis kelamin laki – laki.

“Alasan perceraiannya sendiri kebanyakan sudah merasa tidak cocok lagi dengan pasangannya dan juga dikarenakan faktor ekonomi,” kata dia.

Ia menjelaskan, peranan Inspektorat dalam persoalan perceraian ASN hanyalah sebatas memberikan rekomendasi. Rekomendasi itu akan dikeluarkan setelah melalui pelbagai tahapan sebagaimana yang diharuskan.

“Nantinya, rekomendasi yang ‎kami keluarkan akan disampaikan ke pak bupati,” terangnya.

Persetujuan bupati ini jugalah yang wajib disampaikan‎ saat mengajukan permohonan gugatan perceraian ke Pengadilan Agama. Tanpa rekomendasi tersebut, permohonan itu tak akan diproses oleh pihak Pengadilan Agama.

“16 orang itu seluruhnya sudah mendapat rekomendasi dari kami,” tutur dia.

  • Bagikan
You cannot copy content of this page