Beranda Teras Berita Sebanyak 1.785 Saksi Partai Golkar Ikuti Diklat

Sebanyak 1.785 Saksi Partai Golkar Ikuti Diklat

141
BERBAGI

Isbedy Stiawan ZS, Siti Qodratin Aulia/Teraslampung.Com

Bandarlampung—Partai Golkar Kota Bandarlampung menggelar pendidikan dan latihan (diklat) bagi para saksi dalam pemilihan legislatif (pileg). Sebanyak 1.785 orang saksi mengikuti acara ini di Gedung Krakatau Bandarlampung, Kamis (3/4) siang. 

Menurut Ketua DPD Partai Golkar Kota Bandarlampung Heru Sambodo, diklat para saksi Golkar itu tentang tata cara perhitungan dan rekapitulasi perhitungan surat suara. Para saksi tersebut akan tersebar dan bertugas di masing-masing TPS.

“Mereka harus berani melakukan tindakan keberatan, apabila menjumpai terjadinya kecurangan,” kata Heru.

Dikatakannya, para saksi tersebut direkrut dari unsur kepengurusan kelurahan dan kecamatan yang tersebar di enam daerah pemilihan Kota Bandarlampung.

Pendidikan dan pelatihan saksi ini untuk menjaga perolehan suara Partai Golkar, dari mulai pemilihan, perhitungan, dan rekapitulasi perhitungan suara. “Sehingga suara tidak dirugikan pada perhelatan Pemilu Legislatif, dan untuk mencegah kecurangan.”

Seluruh saksi ini akan bertugas pada 1.639 TPS yang tersebar di setiap kelurahan yang ada harus diisi oleh saksi dari Partai Golkar Kota Bandarlampung. Para saksi ini disiapkan agar menjaga tidak terjadi pemilih siluman yang tidak sesuai dengan daftar pemilih tetap (DPT) yang dikeluarkan oleh KPU setempat.

Lebih jauh Heru Sambodo mengatakan,  para saksi yang bertugas di TPS harus dapat memperhatikan dengan sungguh-sungguh dan teliti pada proses perhitungan suara nanti. “Mereka juga harus militan dan tegas dalam menjalankan tugasnya di setiap TPS.”

Tidak itu saja, selain para saksi harus berani melakukan tindakan keberatan apabila menjumpai terjadinya kecurangan, mereka juga dapat mengawal kotak suara dari TPS hingga PPS nanti.

Loading...