Sebanyak 209 Kepala Sekolah di Lampung Utara Dilantik

‎Kepala Dinas Penddikan dan Kebudayaan Lampung Utara, Matsoleh‎ mengambil sumpah 209 guru yang dilantik sebagai kepala sekolah
Bagikan/Suka/Tweet:

Feaby|Teraslampung.com

Kotabumi–Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Lampung Utara melakukan pelantikan ratusan kepala sekolah di aula SMAN 3 Kotabumi, Kamis (14/4/2022) sekitar pukul 14.00 WIB.

“Total ada 209 guru yang diberi tugas sebagai Kepala U‎nit Pelaksana Teknis Daerah/kepala sekolah yang dilantik hari ini,” kata Asisten III Sekretaris Daerah Kabupaten Lampung Utara, Sofyan usai pelantikan.

Sofyan menjelaskan, kemajuan penyelenggaraan pendidikan sangat ditentukan oleh peran dan fungsi dari para penyelenggara pendidikan. Penyelenggara pendidikan itu terdiri dari para guru dan kepala sekolah. Seorang kepala sekolah harus mampu melaksanakan fungsi manajerial, administrator, supervisor.

“Selain itu, kepala sekolah juga harus dapat berperan sebagai leader, inovator, dan motivator di sekolah yang dipimpinnya,” tutur dia.

Ia berharap, para kepala UPTD yang baru dilantik ini dapat terus meningkatkan kemampuannya masing – masing sehingga akan menghasilkan ide – ide kreatif dalam dunia pendidikan. Sebab, disadari atau tidak disadari, ide – ide kreatif itu sangat dperlukan supaya kegiatan belajar mengajar di sekolah dapat berlangsung dengan menyenangkan.

“Tunjukkan bahwa Saudara memang layak dan mampu mengemban amanah ini dengan sebaik-baiknya, mampu meningkatkan kinerja yang lebih optimal, dan memiliki loyalitas, serta integritas yang tinggi‎,” paparnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Penddikan dan Kebudayaan Lampung Utara, Matsoleh‎ mengatakan, ke-209 Kepala UPTD itu terdiri dari Kepala UPTD TK, SD, dan SMP. Rinciannya, 2 Kepala UPTD TK, 182 Kepala UPTD SD, dan 25 Kepala UPTD SMP.

“Ke-209 Kepala UPTD itu terdiri dari pendefinitifan 125 Pelaksana Tugas Kepala Sekolah, 40 orang yang mengalami rotasi, dan 44 orang yang mendapat promosi,” kata dia.

Matsoleh juga menegaskan, ‎seorang kepala sekolah tak hanya bertugas sebagai manajer, tapi harus dapat menjadi pemimpin pembelajaran yang baik di sekolahnya masing – masing.‎ Untuk mencapai hal itu, kepala sekolah wajib terus meningkatkan kemampuan dirinya.

“Jadilah pemimpin pembelajaran yang inovatif dan kreatif di sekolah agar dunia pendidikan kita dapat menghasilkan generasi muda yang cerdas dan berkarakter,” ‎terangnya.

You cannot copy content of this page