Beranda Ruwa Jurai Lampung Utara Sebanyak 28 Desa di Lampung Utara akan Gelar Pilkades pada 2020

Sebanyak 28 Desa di Lampung Utara akan Gelar Pilkades pada 2020

648
BERBAGI
Kabid Pemdes DPMPD Lampung Utara, Habibie
Kabid Pemdes DPMPD Lampung Utara, Habibie

Feaby|Teraslampung.com

Kotabumi–Pemilihan kepala desa serentak (Pilkades) di Lampung Utara tahun 2020 akan diikuti oleh 28 desa. Ke-28 desa itu tersebar di sejumlah kecamatan yang ada.

‎”Ada 28 desa yang akan menggelar Pilkades serentak di tahun 2020 mendatang,” terang Kepala Bidang Pemerintahan Desa di Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Lampung Utara, Habibie, Kamis (29/11/2019).

‎Ia menjelaskan, ke-28 desa yang akan menggelar pemilihan ini kebanyakan para kepala desanya telah habis masa jabatannya. Posisi mereka saat ini digantikan oleh Penjabat Kepala desa hingga pelantikan para kepala desa terpilih.

“Ke-28 desa itu diisi oleh para Penjabat Kepala Desa,” kata dia.

Untuk Pilkades kali ini terjadi perubahan persyaratan peserta Pilkades. Persyaratan seperti harus berdomisili di desa setempat dan hubungan kekeluargaan hingga sampai derajat ketiga dihapuskan.

“‎Selain itu, batas maksimal peserta dalam Pilkades kali ini berjumlah lima pasang,” tuturnya.

Ke-28 yang akan menggelar Pilkades itu di antaranya tersebar di Kecamatan Kotabumi Selatan, Kotabumi Utara, Abung Timur, Abung Selatan, Abung Pekurun. Adapun nama – nama desa itu di antaranya Desa Pungguklama, Gedungnyapah, ‎Penaganratu, Sidomukti, Waymelan.

‎”‎Khusus untuk Desa Waymelan, bukan habis masa jabatan melainkan kepala desanya yang mengundurkan diri,” kata dia.