Beranda Ruwa Jurai Lampung Tengah Sebanyak 350 KK di Lamteng Terima Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya

Sebanyak 350 KK di Lamteng Terima Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya

27
BERBAGI
Bupati Mustafa dalam sosialisasi bantuna stimulan 350 rumah bagi warga Lampung Tengah, Kamis (21/7/2016).

TERASLAMPUNG.COM — Sebanyak 350 rumah di Kabupaten Lampung Tengah akan menerima bantuan stimulan perumahan swadaya (BSPS) dari pemerintah. Mereka tersebar di 8 kampung yakni Padangratu (30), Kampung Handuyangratu (30), Kampung Bumi Aji (60), Kampung Negara Bumi Ilir (40), Kampung Fajar Bulan (40), Kampung Komering Putih (60), Kampung Liman Benawi (45) dan Kampung Tempuran, KecamatanTrimurjo (45).

“BSPS merupakan bantuan stimulan untuk pembangunan atau peningkatan kualitas rumah bagi masyarakat yang memiliki keterbatasan daya beli, sehingga perlu mendapat dukungan pemerintah untuk memperoleh rumah yang layak huni,” kata Bupati Lampung Tengah, Mustafa, dalam sosialisasi BSPS 2016, di Aula Badan Pendidikan dan Pelatihan (Bandiklat) Lampung Tengah, di Kota Gajah, Kamis, 21/7/2016.

Mustafa mengatakan, pihakny sebenarnya mengajukan 2.000 kepala keluarga untuk menerima bantuan tersebut, namun 350 yang direalisasikan.

“Mudah-mudahan bantuan ini bisa membantu masyarakat untuk kepemilikan rumah yang sehat, nyaman dan layak huni,” katanya.

Mustafa berharap para camat, Kapolsek, Danramil, kepala kampung dan fasilitator dapat membantu masyarakat dalam proses realisasi bantuan tersebut. Kepada koordinator kabupaten, para fasilitator masyarakat, dan tim teknis kabupaten agar dapat membimbing dan memfasilitasi masyarakat dalam bantuan.

“Bantuan ini harus disosialisasikan sejelas mungkin agar dalam pelaksanaan dilapangan tidak ada kendala dan dapat berjalan sesuai ketentuan yang berlaku. Apabila dalam penyerahan bantuan berjalan dengan baik dan tidak ada masalah, Pemkab Lampung Tengah siap memfasilitasi usulan pada tahun berikutnya. Dengan ini diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan dan mengurangi kemiskinan di Lamteng,” ujarnya.

Sekretaris Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang Lampung Tengah, Mahmuri, mengatakan bantuan perumahan bagi warga itu sebagai realisasi amanat UU Nomor. 1 Tahun 2011 dalam pemenuhan  hak dasar rakyat. Bantuan ini juga bertujuan menciptakan lingkungan perumahan dan permukiman yang sehat, serasi, harmonis, aman, dan nyaman.

“Pembangunan perumahan dan permukiman dapat mendorong pertumbuhan wilayah dan ekonomi daerah, mendukung pembangunan sosial budaya dan dapat memberikan efek multiplier terhadap sektor lainnya,” kata dia.