Beranda Ruwa Jurai Lampung Utara Sebanyak 852 Warga Lampung Utara Dapat Bantuan Rehabilitasi Rumah

Sebanyak 852 Warga Lampung Utara Dapat Bantuan Rehabilitasi Rumah

170
BERBAGI

Feaby|Teraslampung.com

Kotabumi–Sebanyak 852 warga di Lampung Utara mendapat bantuan rehabilitasi bangunan rumah dari pemerintah pusat. Bantuan ini bersumber dari dari pelbagai program di antaranya Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS).

‎”Rumah layak huni merupakan salah satu kebutuhan utama dan harapan tiap warga. Sudah selayaknya pemerintah membantu merealisasikan impian ini,” terang Bupati Agung Ilmu Mangkunegara usai sosialisasi pelbagai bantuan program fisik yang diterima oleh ratusan warganya di gedung serba guna Islamic Center Kotabumi, Senin (1/10/2018).

Adapun pelbagai program bantuan pembangunan tahun 2018 yang disosiali‎sasikan kali ini ialah program BSPS, program Bantuan Rumah Swadaya Dana Alokasi Khusus, Bantuan Luar Negeri Pembangunan Rumah Baru Backloq, Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya Dana APBD, dan Bantuan Tambahan BSPS Regular Dana Loan.

Menurut Bupati Agung, keberadaan rumah layak huni selain merupakan sebuah keharusan bagi warga, rumah layak huni juga menjadi salah satu indikator tinggi atau rendahnya tingkat kesejahteraan suatu daerah dan begitu pun sebaliknya

‎”Rumah yang tidak layak huni akan dapat menjadi salah satu faktor utama yang menyebabkan rendahnya tingkat kesejahteraan masyarakat,” kata dia.

Pemerintah pusat, masih kata dia, terus berupaya mewujudkan mimpi warganya untuk memiliki rumah layak huni melalui pelbagai program, di antaranya program BSPS. Dengan program ‎ini, pemerintah berusaha meringankan beban dan merangsang warga untuk merehabilitasi rumah – rumahnya.

‎”Jika program BSPS ini dilaksanakan dengan benar dan sungguh – sungguh, kami optimistis program ini akan sangat bermanfaat dalam peningkatan kesejahteraan dan pengentasan kemiskinan,” paparnya.

Di tempat sama, Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman, Zulkifli Mihsan menuturkan, total penerima bantuan pembangunan fisik rumah di Lampung Utara berjumlah‎ 852 unit rumah pada tahun 2018 ini.

Bantuan bagi 852 unit rumah ini berasal dari pelbagai sumber seperti program BSPS, programBantuan Rumah Swadaya Dana Alokasi Khusus, Bantuan Luar Negeri Pembangunan Rumah Baru Backloq, Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya Dana APBD, dan Bantuan Tambahan BSPS Regular Dana Loan

‎”Total penerima bantuan pembangunan fisik rumah di Lampung Utara berjumlah 852 unit rumah,” jelas dia.

Sementara rincian besaran bantuan dari tiap bantuan itu yakni, penerima program BSPS mendapat bantuan sebesar Rp15 juta‎, penerima bantuan peningkatan kualitas rumah sebesar Rp15 juta, dan penerima bantuan pembangunan rumah baru bagi backloq sebesar Rp30 juta.

“Penerima bantuan tersebar di 19 desa atau kelurahan,” katanya.

Loading...