Sebelas KI Provinsi Hadiri Seminar Strategi Penyelesaian Sengketa Informasi

  • Bagikan
Juniardi

BANDARLAMPUNG, Teraslampung,com–Sebelas perwakilan Komisi Informasi Provinsi menghadiri Diskusi Nasional dengan tema “Strategi Penyelesaian Sengketa Informasi yang Independen” yang diselenggarakan Komisi Informasi Provinsi Lampung, di Ruang Abung, Balai Katun, Komplek Pemerintan Daerah Provinsi Lampung, Kamis (25/9).

Ketua Komisi Informasi Lampung, Juniardi, mengatakan sebelas provinsi tersebut adalah KI Provinsi Aceh, KI Papua, KI Sulawesi Selatan, KI Jawa Timur, KI Jawa Tengah, KI Sumatera Utara, KI DKI Jakarta, KI Kalimantan Tengah, KI Sumatera Selatan, KI Yogyakarta, dan KI Jawa Barat.

“Diskusi ini merupakan bagian dari rangkaian peringatan Hari Hak untuk Tahu Sedunia 28 September 2014. Puncak acaranya akan dipusatkan di  Monas, Jakarta,” kata  Juniardi, Kamis (24/9)..

Menurut Juniardi, pergantian kepemimpinan nasional merupakan momentum untuk memaksimalkan implementasi Undang-undang Nomor 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (UU KIP). Sebab, pimpinan Badan Publik sangat berpengaruh dalam praktik keterbukaan informasi di Badan Publik tersebut.

“Perlu disadari bahwa transparansi itu mencegah korupsi. Jadi, kalau pimpinan Badan Publik berkomitmen menjadi pemimpin yang bersih pastinya akan berkomitmen mengimplementasikan UU ini,” tukas Juniardi yang juga Ketua Forum Komunikasi Komisioner Komisi Informasi Provinsi Se-Indonesia (ForKIP).

Dalam diskusi tersebut, akan hadir sebagai narasumber dari Komisi Informasi Pusat, Polda Lampung, Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) dan Pengadilan Tinggi.

“Komisi Informasi juga harus semakin berbenah dengan akan semakin massifnya keterbukaan informasi. Sebagai lembaga quasi peradilan, Komisi Informasi perlu membenahi diri dengan meningkatkan kualitas putusan,” tambahnya.

Pemberlakukan Undang-undang Nomor 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (UU KIP) menjadi salah satu titik terang bagi terwujudnya tata pemerintahan yang baik (good governance).

Siti Qodratin

  • Bagikan