Beranda Tekno Sebut Orang Kulit Hitam “Gorila”, Google Minta Maaf

Sebut Orang Kulit Hitam “Gorila”, Google Minta Maaf

133
BERBAGI
Google salah sebut orang hitam gorila

TERASLAMPUNG.com — Lagi, Google.com tersandung masalah terkait aplikasi barunya. Itu gara-gara aplikasi fotonya salah dalam memberi nama dua sosok orang berkulit hitam dengan sebutan ‘gorila”. Menanggapi kasus ini, Google menyatakan terkejut.

Google Foto, produk baru Google,  secara otomatis melakukan tag pada foto yang diunggah dengan menggunakan perangkat lunak intelijen buatannya.

Kesalahan ini diungkap oleh pengembang perangkat lunak di New York, yang kebetulan merupakan salah seorang yang fotonya ada di dalam aplikasi tersebut.

“Ini 100% tidak benar,” tulis  eksekutif Google Yonatan Zunger saat dihubungi @jackyalcine lewat Twitter.

“(Ini adalah) di urutan atas daftar bugs (masalah komputer) yang anda ‘tidak pernah’ inginkan terjadi,” kata Zunger.

Zunger menambahkan Google telah mengambil sejumlah langkah untuk mencegah pihak-pihak lain mengalami kesalahan yang sama.

Dia menambahkan pihaknya juga sedang mengerjakan perbaikan jangka panjang terkait linguistik -kata-kata yang harus diperhatikan terkait foto-foto orang- dan pengenalan gambar sendiri -seperti pengenalan yang lebih baik terkait wajah berkulit gelap.

Akun Twitter @jackyalcine milik Diri Noir Avec Banan sempat berkicau dengan nada marah. Dalam cuitan disertai gambar dua orang berkulit gelap itu Banan menulis: “Google Photos, y’all fucked up. My friend’s not a gorilla.”

Menurut  BBC, insiden ini bukan kesalahan pertama dalam menamakan sebuah spesies dengan spesies lainnya di Google Photos.

sumber: bbc.co.uk/theverge.com

Loading...