Beranda News Pilpres 2019 Sebut tak Ada Kebakaran Hutan Tiga Tahun Terakhir, Netizen Sebut Jokowi Bohong

Sebut tak Ada Kebakaran Hutan Tiga Tahun Terakhir, Netizen Sebut Jokowi Bohong

1671
BERBAGI
Capres nomor urut 01, Joko Widodo alias Jokowi (kiri) menyampaikan pendapatnya saat mengikuti debat capres 2019 putaran kedua di Hotel Sultan, Jakarta, Ahad, 17 Februari 2019. ANTARA/Akbar Nugroho Gumay

TERASLAMPUNG.COM — Pada Debat Capres kedua di Hotel The Sultan, Jakarta, Minggu malam, 17 Februari 2019, capres Joko Widodo (Jokowi) mengatakan bahwa dalam tiga tahun tidak ada kebakaran hutan di Indonesia.

“Kebakaran lahan gambut tidak terjadi lagi dan ini sudah bisa kita atasi. Dalam tiga tahun ini tidak terjadi kebakaran lahan, hutan, kebakaran lahan gambut dan itu adalah kerja keras kita semuanya,” kata Jokowi di panggung debat kedua, di Hotel The Sultan, Senayan, Jakarta, Minggu (17/2/2019).

BACA: Yunarto Wijaya: Debat Pilpres Kedua Jokowi vs Prabowo 6-1

Pernyataan Jokowi itu mendapatkan sambutan “riuh” di media sosial. Netizen yang pada umumnya adalah pendukung Prabowo-Sandiaga Uno melontarkan serangan dengan menyebut Jokowi “ngibul”.

“Ngibul lagi. Lihat nih faktanya,” tulis YS, netizen yang berasal dari salah satu partai pendukung Prabowo-Sandi, di akun Facebooknya, sambil menautkan berita dari kompas.com.

Beberapa netizen di Facebook pun melampirkan tautan dari sejumlah media online mainstream yang menunjukkan beberapa kali kebakaran hutan masih terjadi.

Data di Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyebutkan pada 2019 saja setidaknya ada lima kali kasus kebakaran hutan, 370 kasus pada 2018, lalu 96 kali pada 2017. dan 178 kali pada 2016.

 

Loading...