Sehari, 30 Warga Lampung Utara Terpapar Covid-19

  • Bagikan
Ilustrasi virus Corona/Foto: Pixabay

Feaby|Teraslampung.com

Kotabumi–Jumlah kasus Covid19 di Lampung Utara kembali ‎mengalami kenaikan, Rabu (12/5/2021). Total 30 warga dinyatakan positif terpapar SARS-CoV-2.

“Ada 30 warga Lampung Utara yang ditemukan positif hari ini,” kata Kepala Bidang Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit Dinas Kesehatan Lampung Utara, Dian Mauli, Rabu (12/5/2021).

Ke-30 pasien positif kali ini terdiri dari 18 pasien tidak bergejala, dan 12 pasien bergejala. Mereka berasal sejumlah desa dan kelurahan yang ada di Lampung Utara.

Adapun rincian inisial pasien berikut asal tempat tinggalnya adalah La, Pa, TR, Su dari Desa Cabangempat, MSA, AAF, AA, AE dari Kelurahan Kotaalam, MAR dari Kelurahan Kelapatujuh.

Kemudian, BE dari Kelurahan Tanjungsenang, WA dari Kelapatujuh, SP dari Kecamatan Kotabumi Selatan. Lalu, TK, RA dari Kelurahan Kelapatujuh, AE dar, DY, Su, JA, NW dari Bukitkemuning.

Selanjutnya, Fi, dan MF dari Desa Sawojajar, SFAW dari Desa Madukoro, AI, VP dari Desa Negaratulang Bawang. Lalu, Wa dari Desa Peraduanwaras, MA, Yu, NNY dari Desa Pungguklama. Kemudian, ada Wa dari Desa Sidomukti dan SBS dari Desa Sidorahayu.

“Dengan demikian, total kasus Covid-19 Lampung Utara naik menjadi ‎1.533. 1.286 orang di antaranya dinyatakan sembuh,” jelas dia.

Sementara mengenai alasan kembali terjadinya ledakan kasus, Dian Mauli menyebutkan bahwa banyak faktor yang menjadi penyebabnya. Faktor – faktor itu di antaranya tingkat kesadaran dan kepedulian warga yang menurun terhadap pandemi Covid-19. Penurunan kesadaran itu terlihat jelas dari tidak konsistennya masyarakat dalam ‎menjalankan protokol kesehatan.

“Lalu, faktor lainnya adalah penolakan protokol kesehatan dalam pemakaman, dan tidak menghindari kerumunan,”‎ terangnya.

.com/t/e/teraslampung.com.1193498.js" async>
  • Bagikan