Sehari Dibersihkan, Jalan KS Tubun Kotabumi kembali Dipenuhi Tumpukan Sampah

  • Bagikan
Meskipun telah dibersihkan oleh Dinas Lingkungan Hidup Lampung Utara, pinggiran Jl KS Tubun Kotabumi kembali dipenuhi tumpukan sampah,Selasa (3/8/2021).
Meskipun telah dibersihkan oleh Dinas Lingkungan Hidup Lampung Utara, pinggiran Jl KS Tubun Kotabumi kembali dipenuhi tumpukan sampah,Selasa (3/8/2021).

Feaby|Teraslampung.com

Kotabumi–Tingkat kesadaran sejumlah Lampung Utara untuk tidak membuang sampah sembarangan ternyata masih cukup rendah. Buktinya, pinggiran Jalan Karel Satsuit Tubun, Kotaalam yang telah dibersihkan masih juga dijadikan lokasi pembuangan sampah.

“Padahal, tumpukan – tumpukan sampah di lokasi itu sudah kami bersihkan,” jelas Kepala Dinas Lingkungan Hidup Lampung Utara, Tomy Suciadi, Selasa (3/8/2021).

Proses pembersihan sampah yang mereka lakukan itu terbilang tidak mudah. Itu dikarenakan sampah yang ‎ada di sana telah lama menumpuk dan tidak dibersihkan. Usai membersihkan lokasi itu dari tumpukan sampah, mereka juga menimbun pinggiran jalan yang cukup curam tersebut.

“Selain itu, lokasi itu kami tanam dengan pepohonan dan dipasang spanduk imbauan agar membuang sampah ke TPS terdekat” kata dia.

Sayangnya, ‎hanya berselang sehari, lokasi yang mereka bersihkan telah kembali dipenuhi oleh tumpukan – tumpukan sampah. Bahkan, pepohonan berikut spanduk yang mereka pasang terlihat sudah tak ada lagi di lokasi.

“‎Pohon – pohonnya yang ditanam sengaja dicabut, sedangkan spanduk imbauannya hilang entah ke mana,” terangnya.

Kendati demikian, Tomy menyadari bahwa merubah suatu kebiasaan itu memang tidak mudah. Butuh waktu dan strategi jitu supaya kebiasaan lama itu dapat dirubah secara perlahan. Dengan demikian, tak akan ada lagi orang yang membuat sampah di luar TPS.

“‎Manfaatkan TPS terdekat dan hindari membuang sampah di luar TPS karena dapat mengganggu keseimbangan lingkungan dan membuat wajah kota terlihat kumuh,” imbau dia.

  • Bagikan
You cannot copy content of this page