Beranda News Kesehatan Sehat Itu Murah, Informasi Itu Power

Sehat Itu Murah, Informasi Itu Power

224
BERBAGI

Oleh Handrawan Nadesul

Untuk memahami konsep “Sehat Itu Murah”, saya ambilkan contoh kasus gagal ginjal lantaran ketidaktahuan. Setelah tahu waktu ikut mendengar seminar, seorang peserta baru merasa menyesal karena telanjur ginjalnya rusak.

Seorang mantan pejabat cangkok ginjal jauh tahun sebelum mendengar seminar saya. Dia minum ramuan obat cina 4 tahun sebelumnya karena encok. Temannya yang menganjurkan dan encoknya betul sembuh. Berbulan-bulan minum ramuan cina, akhirnya kedapatan ginjalnya rusak, dan gagal ginjal. Ongkos cangkok ginjal Rp 400 juta, selain setiap hari harus minum obat agar ginjal tidak ditolak tubuh. Sudah kedapatan bahwa dalam ramuan obat cina terkandung bahan berkhasiat yang bersifat merusak ginjal, aristochiaceaea, jahe hutan (wild ginger) yang juga bersifat pencetus kanker (carcinogen).

Apa maknanya ini? Bahwa sekadar informasi jangan sembarang minum ramuan cina, menjadi mahal kalau orang tidak tahu. Dan mantan pejabat ini baru tahu setelah ikut seminar. Maka pengetahuan atau informasi yang diperoleh dari seminar itu sebetulnya sebuah power yang tidak mengharuskan keluar uang Rp 400 juta. Bukti kalau sakit itu mahal.

Konsep “Sehat itu Murah” sesungguhnyalah memberikan power kepada setiap orang yang mendengar seminar dan membaca buku-buku saya, agar mereka menjadi mampu untuk tidak perlu jatuh sakit selain lebih menjadi sehat.

Untuk memperoleh power hanya perlu buang waktu dan sedikit tenaga, sedikit uang saja, serta kemaunan serta niat yang kuat untuk tetap sehat. Namun nilai yang diperoleh sungguh luar biasa. Tidak bosan saya sampaikan, bahwa manfaat mendengar seminar selain menjadi lebih sehat, tidak perlu jatuh sakit.

Bila terjadi serangan jantung koroner ini hari, prosesnya sebetulnya sudahberlangsung puluhan tahun sebelumnya. Kalau saja selama proses berlangsung itu melakukan sesuatu untuk menghentikan proses penyumbatan koronernya, serangan jantung hari ini tidak perlu terjadi. Dan seminar yang memberi bagaimana caranya.

Kalau tahu ujung penyakit dan gangguan ginjal itu yang menjadikan gagal ginjal, dan perlu cangkok ginjal, banyak yang bisa dilakukan untuk mencegahnya. Demikian pula halnya ihwal serangan stroke, dan kanker sekalipun. Kalau tahu caranya, kita semua dapat melakukan segala sesuatu agar yang tidak perlu terjadi itu, tidak harus terjadi. Seminar yang memberi tahu semua caranya. Seminar yang memberi Anda power.

Jadi tidak berlebihan kalau sudah terbukti bahwa konsep “Sehat Itu Murah”, dan kalau sudah telanjur sakit menjadi mahal, harus dijadikan kredo semua masyarakat Indonesia.

Ayo, sisihkan sedikit waktu dan tenaga, dan sedikit uang saja untuk mendengarkan setiap ada kesempatan ikut seminar, dan untuk itu tak bosan saya terus mengimbau, dan harus saya katakan bahwa ini bukanlah promosi untuk kepentingan saya, melainkan terlebih oleh karena mimpi saya hanya ingin terus berbagi, berbagi untuk kepentingan mengubah nasib kesehatan Anda semua.

Bahwa nasib kesehatan Anda ada di tangan Anda sendiri, bukan di tangan orang lain. Nasib kesehatan ditentukan oleh apakah otobiografi tubuh Anda terbilang elok ataukan buruk. Otobiografi Anda akan elok kalau informasi kesehatan Anda meruah, dan wawasan kesehatan Anda lengkap.

Untuk memperoleh nasib kesehatan yang baik butuh sebanyak-banyak informasi kesehatan, butuh wawasan hidup sehat, yang kesemuanya akan menjadi power bagi hidup Anda untuk tidak perlu jatuh sakit apa pun, bahkan penyakit yang paling berat sekalipun.***

Handrawan Nadesul adalah dokter cum penyair

Loading...