Beranda News Internasional Sejak Maret 2017 Pasukan Irak Gagal Rebut Masjid Al Nuri dari ISIS

Sejak Maret 2017 Pasukan Irak Gagal Rebut Masjid Al Nuri dari ISIS

221
BERBAGI
Menara Al-Hadbaa di Masjid Al-Nuri, di kota Mosul, Irak. Di Masjid ini, pemimpin ISIS, Abu Bakr Al-Baghdadi, memproklamasikan kekhalifahan Islam pada Juni 2014. (Foto: Iraqi News)

TERASLAMPUNG.COM — Kabar penghancuran Masjid Al Nuri oleh pasukan Negara Islan Irak dan Surih (ISIS) sebenarnya tidak terlalu mengejutkan. Sebab, sejak jauh-jauh hari — tepatnya sejak Abu Bakr Al-Baghdadi menyatakan kekhalifahan Islam pada Juni 2014 — masjid tersebut sudah dikuasai ISIS. Berkali-kali pasukan Irak mencoba merebut masjid tersebut tetapi selalu gagal.

Pada 19 Maret 2017, misalnya, helikopter tentara Irak dilaporkan menembaki posisi ISIS di kawasan Kota Tua Mosul untuk menguasai wilayah strategis Masjid Al-Nuri.

Pasukan Federal, menurut laporan Reuters dan Iraqi News, telah maju melewati stasiun kereta api di Mosul barat dan makin dekat ke masjid tersebut. Seorang komandan polisi mengatakan mereka sangat dekat untuk menguasai wilayah itu.

Pertempuran untuk merebut kembali benteng terakhir ISIS di Irak telah memasuki bulan keenam. Pasukan pemerintah Irak, yang didukung oleh Amerika Serikat telah membersihkan wilayah timur dan barat kota Mosul barat dan sekarang fokus pada menguasai Kota Tua.

Pada bulan Maret 2017, pertempuran terbaru menargetkan Masjid Al-Nuri yang berusia berabad-abad, dengan menaranya yang terkenal. Merebut masjid itu akan menjadi pukulan bagi ISIS, karena dari tempat itu pemimpin ISIS menyatakan kekhalifahan setelah kelompok garis keras itu menguasai sejumlah wilayah Irak dan Suriah.

Para pejabat AS memperkirakan sekitar 2.000 militan ISIS masih bertahan di dalam kota yang merupakan terbesar kedua di Irak. Mereka bertahan dengan senjata mortir, penembak jitu dan bom mobil bunuh diri.

Dewira/DBS

 

 

Loading...