Beranda News Internasional Sejarah Baru, Dua Pemimpin Korea Bertemu di Perbatasan

Sejarah Baru, Dua Pemimpin Korea Bertemu di Perbatasan

244
BERBAGI
Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un (kiri) bersalaman dengan Presiden Korea Selatan Moon Jae-in di garis demarkasi, Jumat (27/4). Foto: AP via VOA

TERASLAMPUNG.COM — Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un dan Presiden Korea Selatan Moon Jae-in hari ini (27/4/2018), mencatat sejarah baru bagi dua Korea dalam 65 tahun terakhir. Untuk pertama kalinya, dua orang nomor satu di Korea Utara dan Korea Selatan bertemu dan bersalaman dengan hangat di garis demarkasi yang memisahkan Korea Utara dan Selatan.

Pada pertemuan berejarah itu, Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un kemudian melintasi garis perbatasan itu dan bersalaman dengan Presiden Korea Selatan Moon Jae-in.

“Saya sangat senang bertemu anda,” kata presiden Moon.

Kim kemudian mengajak Moon melintasi garis perbatasan itu sebentar sebelum mereka kembali lagi ke sisi Korea Selatan.

Ini adalah pertama kalinya anggota dinasti keluarga Kim menjejakkan kaki di kawasan Selatan sejak berakhirnya perang Korea tahun 1953.

Gedung Putih mengeluarkan sebuah pernyataan singkat hari Kamis waktu Amerika, beberapa saat setelah kedua pemimpin Korea itu bersalaman.

“Kami berharap perundingan ini akan mendapat kemajuan untuk mencapai perdamaian dan kemakmuran bagi seluruh semenanjung Korea. Amerika menghargai koordinasi yang erat dengan sekutu kami Korea Selatan, dan berharap akan bisa melanjutkan perundingan untuk mempersiapkan pertemuan antara Presiden Donald Trump dan Kim Jong-un dalam minggu-minggu mendatang.”

Kim dan Trump diperkirakan akan bertemu di suatu tempat yang belum diumumkan pada bulan Mei atau Juni.

TL/voaindonesia.com