Beranda Teras Berita Pemkab Lamsel Serius Tingkatkan SDM Petugas Penyuluh Lapangan

Pemkab Lamsel Serius Tingkatkan SDM Petugas Penyuluh Lapangan

204
BERBAGI

Iwan J Sastra/Teraslampung.com

Sekdakab Lamsel Ir. Sutono, MM didampingi Kepala Dinas Lingkup Pertanian, Perikanan dan Kehutanan (PPK) 

KALIANDA – Penyuluh pertanian merupakan pejuang yang memiliki andil dalam memajukan pembangunan di daerah khususnya di bidang pertanian. Oleh karena itu, penyuluh baik dari sektor Pertanian, Perikanan dan Kehutanan (PPK) harus diberikan perhatian yang besar agar bisa lebih meningkatkan tugas pokok dan fungsinya sebagai penyuluh.
    
“Pemerintah harus bisa memberikan dukungan untuk peningkatan  Sumber Daya Manusia (SDM) para Petugas Penyuluh Lapangan (PPL) di daerah, dengan cara memberikan pelatihan-pelatihan atau memberangkatkan para penyuluh untuk belajar kedaerah yang telah maju bidang pertaniannya, sehingga hasil yang diperoleh  bisa diterapkan di wilayah kerjanya masing-masing,” ujar Sekretaris Kabupaten (Sekab) Lampung Selatan Ir. Sutono, MM, usai membuka acara sosialiasi pemantapan program penyuluh PPK, di Aula Rajabasa, Kantor Bupati Lamsel, Jumat (15/8).  
    
Oleh karenanya, kata Sutono, baik pemerintah kabupaten, provinsi maupun pemerintah pusat, juga harus mampu meningkatkan mobilitas para penyuluh PPK dengan memberikan biaya operasional penyuluh (BOP) dan intensif. 
    
“Bila perlu, pemerintah juga dapat memberikan alat transportasi berupa sepeda motor sebagai kendaraan operasional bagi penyuluh untuk memudahkan dan melancarkan tugas para penyuluh PPK dilapangan,” katanya.
    
Sutono menuturkan, untuk meningkatkan produksi hasil pertanian dengan lahan yang sangat minim, tentunya hal tersebut harus dilakukan kombinasi dalam menanam bibit tanaman yang akan diproduksi. Artinya, para petani harus bisa berintegrasi dalam melakukan penanaman.     
“Maka, carilah bibit-bibit tanaman yang unggul agar bisa mendapatkan hasil yang lebih dan integrasi program harus bisa dilakukan, baik oleh petani sawah, pekebun, peternak dan perikanan,” terangnya. 
    
Ditambahkannya, dengan majunya dunia pertanian di Lamsel, diharapkan bisa menumbuhkan Badan Usaha Milik Petani (BUMP) yang nantinya bisa mendorong usaha-usaha pertanian di kabupaten serambi pulau sumatera ini.
    
“Upaya-upaya yang dilakukan oleh pemerintah dalam meningkatkan dunia pertanian, tentunya memiliki tujuan utama yakni untuk mensejahterakan ekonomi para petani. Artinya, bukan hanya pengusaha besarnya saja yang bisa berkembang dan maju, tetapi juga para petani yang telah memproduksi hasil-hasil pertaniannya,” pungkasnya. 

Loading...