Beranda Ruwa Jurai Lampung Selatan Sekdaprov: Jika Ingin Jadi Tuan Rumah Festival Krakatau, Lamsel Harus Siap Anggaran...

Sekdaprov: Jika Ingin Jadi Tuan Rumah Festival Krakatau, Lamsel Harus Siap Anggaran dan Konsep

15
BERBAGI
Sekda Provinsi Lampung Arinal Djunaidi usai membuka acara Musrenbang Kabupaten Lampung Selatan, Senin (16/3).

Iwan J Sastra | Teraslampung.com

KALIANDA – Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Lampung Ir. Arinal Junaidi mengatakan, jika Lampung Selatan ingin menjadi tuan rumah gelaran Festival Krakatau (FK) Tahun 2015 tidak masalah, asalkan pemerintah daerah (Pemda) setempat mampu menyiapkan anggaran lebih besar dari pemerintah Provinsi Lampung, serta memiliki konsep yang betul-betul bermakna dan penuh arti.

“Ya tidak menjadi masalah kalau Lampung Selatan ingin menjadi tuan rumah pada  kegiatan Festival Krakatau tahun ini. Apalagi, Gunung Krakatau letaknya ada di wilayah Lampung Selatan. Akan tetapi, untuk menggelar hajat tahunan tersebut harus disiapkan anggaran yang tidak sedikit. Selain itu juga, konsep acara yang disajikan pun  harus benar-benar bagus serta memiliki output yang berarti,” ujar Arinal kepada wartawan, saat ditemui usai menghadiri acara Musrenbang Lamsel, di Aula Rajabasa, Kantor Bupati Lamsel, belum lama ini.

Diungkapkannya, event festival krakatau yang setiap tahunnya digelar oleh Pemerintah Provinsi Lampung memiliki tujuan, untuk mempromosikan potensi wisata yang ada di daerah Lampung, khususnya wisata bahari di Lampung Selatan.

“Maka dari itu, diharapkan kepada seluruh kabupaten/kota di Provinsi Lampung, agar turut berperan serta pada kegiatan festival krakatau yang digelar setahun sekali itu,” ungkapnya.

Sementara itu, Bupati Lampung Selatan H. Rycko Menoza SZP mengatakan, pemerintah daerah (Pemda) Lampung Selatan, tentunya akan selalu siap untuk mendukung pelaksanaan festival krakatau, terlebih kegiatan tersebut digelar di Lampung Selatan.

“Intinya pemda setempat akan selalu mendukung pelaksanaan kegiatan Festival Krakatau ini. Namun memang, kalau berbicara soal anggaran tentunya tidak bisa dibebankan seluruhnya oleh Pemda Lamsel, tetapi juga harus mendapat topangan dari pemerintah provinsi,” terangnya.

Rycko menuturkan, untuk mendukung pelaksanaan event tahunan tersebut, sejauh ini berbagai persiapan telah dilakukan oleh Pemda Lamsel, seperti telah dilakukannya pengembangan pembangunan dermaga di wilayah Pulau Sebesi, perbaikan sejumlah cotagge atau tempat-tempat penginapan, serta pembangunan tempat wisata kuliner.

“Semua pembangunan tersebut dilakukan tidak lain untuk menunjang promosi wisata Krakatau. Oleh karena itu, sungguh disayangkan jika even Festival Krakatau ini digelarnya bukan di Lampung Selatan,” katanya.