Sekkab Lampung Utara Minta Para Kepala Sekolah Tanamkan Akhlak kepada Para Siswa

Bagikan/Suka/Tweet:

Feaby/Teraslampung.com

Sekkab Lampung Utara Samsir memimpin pembinaan kepada para Kepala Sekolah dari Daerah Pemilihan III Lampung Utara.

KOTABUMI–Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Lampung Utara, Samsir meminta para Kepala Sekolah di wilayahnya untuk lebih menanamkan akhlak dan budi pekerti yang baik kepada setiap anak didiknya.

‎”Dewasa ini telah terjadi degradasi moral yang cukup memprihatinkan. Sebagai Kepala Sekolah, kita wajib menanamkan pemahaman akhlak yang baik kepada anak didik kita,” kata Sek‎kab Samsir kepada para Kepala Sekolah asal Daerah Pemilihan III, di SMAN I Abung Smuli, Kecamatan Abung Semuli, Selasa (6/10).

Akhlak yang baik, menurut Samsir, akan menjadi pondasi yang baik bagi perkembangan mental anak didik yang akan menjadi generasi penerus tongkat estafet kepemimpinan bangsa. Peningkatan moral anak didik merupakan tugas utama para tenaga pendidik termasuk Kepala Sekolah yang notabene menjadi panutan pada setiap sekolah.

“Akhlak dan moral yang baik akan menjadi penyeimbang ilmu yang didapat para siswa. Ini tugas utama para guru dan Kepala Sekolah bagaimana caranya meningkatkan moral anak didik kita,” terangnya.

Turunnya akhlak maupun moral para generasi muda belakangan ini, masih menurut Samsir, sebagian besar diakibatkan perkembangan teknologi sehingga arus informasi yang masuk menjadi tak terbendung dan seakan tanpa penyaring. Padahal setiap informasi itu belum tentu baik untuk dikonsumsi oleh para pelajar.

“Majunya teknologi membuat arus informasi semakin tak terbendung‎. Inilah pentingnya akhlak atau moral yang baik sebagai penyaring informasi karena tidak semua informasi itu baik dan begitu sebaliknya,” kata dia lagi.

 Samsir mengharapkan pembinaan yang menjadi bagian dari penegakan disiplin Aparatur Sipil Negara khususnya kalangan pendidikan akan berdampak positif bagi kemajuan dunia pendidikan di wilayahnya. “Kami harap pembinaan ini akan dapat meningkatkan mutu pendidikan yang bermuara pada kemajuan dunia pendidikan dunia pendidikan Lampung Utara secara keseluruhan,” harapnya.

Sementara, Kepala SMAN I Abung Semuli, ‎M. Suharyati berharap pembinaan seperti ini dapat dilakukan secara terus menerus karena kegiatan pembinaan ini mengandung manfaat yang cukup besar bagi kalangan Kepala Sekolah.

“Semoga acara ini dapat dilakukan secara kontinyu. Karena banyak ilmu atau pengetahuan yang kami dapat dari acara ini,” kata dia.

Kegiatan pembinaan para Kepala Sekolah ini diikuti oleh sebagian besar para Kepala Sekolah ‎yang berasal dari Kecamatan Abung Semuli, Abung Selatan, Abung Timur dan Blambangan Pagar.