Beranda Ekbis Bisnis Selama Ramadan, Permintaan Ikan Naik

Selama Ramadan, Permintaan Ikan Naik

208
BERBAGI
Aktivitas jual beli ikan di Pasar Inpres Baradatu, Way Kanan. (Teraslampung.com/Aan)

WAY KANAN, Teraslampung.com – Permintaan ikan selama bulan Ramadan di pasar terlihat meningkat.. Di pasar Inpres Baradatu, Kabupaten Waykanan, misalnya, sejumlah pedagang ikan mengakui daya beli masyarakat naik tajam dibanding hari-hari biasa.

Menurut Herli, salah satu pedagang ikan di Pasar Inpres Baradatu, ikan menjadi favorit saat memasuki bulan puasa sampai menjelang Lebaran. “Ikan yang saya jual cepat habis dalam kurun beberapa jam  setelah saya buka lapak. Ini menjadi rejeki yang berlipat ganda bagi kami saat jelang Lebaran,” ujarnya, Senin (14/7).

Di pasaran, kata Herli,  aneka jenis ikan laut dan ikan air tawar seperti ikan mas, nila, lele, dan patin sangat disukai konsumen di Waykanan.

Ditambahkanya walaupun permintaan meningkat, stok ikan tidak pernah kurang.Meskipun harga ikan meroket, para pembeli tetap banyak. “Harga ikan mulai melambung tetapi daya beli masyrakat masih tinggi dan alhamdulilah stok ikan masih memadai,” kata Herli.

Data dari Kementrian Kelautan dan Perikanan Secara nasiona permintaan ikan meningkat sebesar 20%, saat puasa 15% dan saat Lebaran mencapai 30%. Rata-rata kebutuhan ikan nasional per bulan diperkirakan sebesar 700.000 ton.

“Melalui perhitungan prognosa kebutuhan dan ketersediaan ikan, diperoleh estimasi kebutuhan ikan bulan Ramadhan dan idul Fitri (Juni-Agustus 2014) sebesar 2,6 juta ton,” kata Direktur Jenderal Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perikanan Saut P. Hutagalung seperti dilansir keterangan tertulisnya seperti dilansir detik finance (06/2014).

Dijelaskan oleh Saut bahwa prediksi ketersediaan ikan yang ada selama 3 bulan Juni-Agustus mencapai 3,2 juta ton. Selama bulan Juni-Agustus 2014, diperkirakan pasokan ikan cukup aman. (Aan Frimadona Rosa)

Loading...