Beranda Ruwa Jurai Lampung Utara Selasa Pagi, Wabup Lampung Utara Dilantik

Selasa Pagi, Wabup Lampung Utara Dilantik

119
BERBAGI
  Bupati Agung Ilmu Mangkunegara (kiri) dan  Calon Wakil Bupati, Sri Widodo (kanan).

Feaby/Teraslampung.com

Kotabumi–Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Utara (Lampura) memastikan prosesi pelantikan Sri Widodo sebagai Wakil Bupati akan dilakukan pada Selasa (24/2) pagi.

“Pelantikan pak Sri Widodo akan dilakukan pada Selasa (24/2) ini,” terang Kepala Bagian Hukum Pemkab Lampura, Hendry di ruangannya, Senin (23/2).

Hendry mengatakan, tak ada alasan pihaknya untuk menunda pelantikan Sri Widodo sebagai Wakil Bupati Lampura. Sebab, surat pengantar dari Gubernur Lampung yang selama ini menjadi ‘kendala’ untuk melakukan prosesi sakral dimaksud telah diterima oleh pihaknya pada Minggu (22/2) sore.

“Surat pengantar dari Gubernur dengan nomor 130/0446/02/2015 tertanggal 20 Februari tentang pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan Wakil Bupati Lampura sisa masa jabatan tahun 2014-2019 yang sudah kita terima telah ditindaklanjuti dengan rencana prosesi pelantikan pada Selasa ini,” paparnya.

Hendry juga memaparkan, pelantikan Calon Wakil Bupati Sri Widodo tetap akan dilakukan langsung oleh Bupati Agung Ilmu Mangkunegara. “Yang melantik pak Sri Widodo ialah pak Bupati,” tegas dia.

Sementara Kepala Bagian Hubungan Masyarakat dan Protokol Pemkab, Tomy Suciadi mengatakan bahwa dalam prosesi pelantikan ini, pihaknya telah menyebarkan sekitar 1000 undangan. Dalam prosesi pelantikan ini, pihaknya juga mengundang Gubernur Lampung dan Wakilnya serta para Kepala Daerah dan Wakilnya di seantero Lampung.

Kendati demikian, pihaknya belum dapat memastikan apakah Gubernur maupun Wakil Gubernur akan hadir dalam prosesi pelantikan dimaksud. “Pak Gubernur dan Kepala Daerah lainnya juga sudah kita undang dalam prosesi pelantikan ini,” kata alumni Institut Pemerintahan Dalam Negeri ini.

Sebelumnya, pada Jum’at (20/2), Pemkab Lampura menyatakan belum dapat memastikan kapan waktu pelantikan Sri Widodo sebagai Wakil Bupati. Penyebabnya, surat pengantar dari Gubernur Lampung untuk melantik Sri Widodo masih belum turun meski Surat Keputusan (SK) tentang pengangkatan Sri Widodo sebagai Cawabup Lampura dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) sudah di meja Gubernur.

“Untuk pelantikan, kami tinggal menunggu surat pengantar dari Gubernur,” kata Kepala Bagian Hukum Pemkab, Hendry.

Sementara dasar penerbitan SK pengangkatan Cawabup Sri Widodo dari Kemendagri dengan nomor 132.18-240 tahun 2015, menurut Hendry, berpedoman pada Peraturan Pemerintah nomor 102 tahun 2014 tentang Tata Cara Pengusulan dan Pengangkatan Wakil Gubernur, Wakil Bupati dan Wakil Walikota dan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) nomor 85 tahun 2014 tentang Tata Cara Pengusulan dan Pengangkatan Wakil Gubernur, Wakil Bupati dan Wakil Walikota.

“SK itu masih berdasarkan PP nomor 102 tahun 2014 dan Permendagri nomor 85 tahun 2014,” papar dia.