Seluruh Pegawai Lapas Lampung Utara Jalani Tes Urine, Ini Hasilnya

  • Bagikan
Proses tes urine yang dilakukan di Lapas Kotabumi, Kamis (25/3/2021).

Feaby|Teraslampung.com

Kotabumi–Lembaga Pemasyarakatan Kelas II Lampung Utara melakukan tes urine secara dadakan pada para pegawainya dan sejumlah warga binaan, Kamis (25/3/2021). Hasilnya, baik pegawai maupun lapas ternyata tidak ada yang positif.

“‎tes urine ini bekerjasama dengan Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Waykanan,” kata Kepala Lapas Kelas II Kotabumi, Endang Lintang Hardiman di lokasi.

Ia menuturkan, ‎pelaksanaan tes urine ini semata – mata bertujuan untuk memastikan bahwa seluruh pegawai lapas termasuk ia sendiri bersih dari pengaruh narkoba. Bebas dari narkoba merupakan sebuah keharusan yang harus dimiliki oleh setiap pegawai lapas.

“Ada 30 pegawai kami yang ikut tes urine,” jelasnya.

Selain menyasar ‎pada bawahannya, tes urine ini juga dilakukan pada sejumlah warga binaan alias narapidana. Namun lantaran masih terkendala persoalan teknis, tidak semua warga binaan yang ikut tes urine.

Jumlah warga binaan yang menjalani tes urine hanya sekitar 20 orang. Mereka ditentukan secara acak. Hasil tes urine baik pegawai lapas maupun warga binaan, seluruhnya negatif atau dengan kata lain bersih dari pengaruh narkoba.

“Alhamdulillah, hasilnya tidak mengecewakan,” kata dia.

Di lain pihak, Kepala BNNK Waykanan, Dwi Nurmawaty membenarkan jika tak ada satu pun pegawai maupun warga binaan yang terbukti positif usai pemeriksaan. Padahal, alat yang mereka gunakan memiliki delapan parameter.

“Lapas ini spesial sehingga alat yang digunakan melebihi alat yang biasa digunakan oleh BNN,” terang dia.

Loading...
  • Bagikan