Seluruh Pejabat Lampung Utara telah Setor LHKPN ke KPK

  • Bagikan
Kantor Pemkab Lampung Utara (Foto: © Teraslampung.com)
Kantor Pemkab Lampung Utara (Foto: © Teraslampung.com)

TERASLAMPUNG.COM, Kotabumi–Seluruh pejabat aktif di lingkungan Pemerintah daerah Lampung Utara telah memberikan laporan mengenai harta kekayaan mereka pada KPK. Bagusnya lagi, mereka melakukannya sebelum tanggal 31 Maret yang menjadi batas waktu dari KPK.

‎”68 pejabat Lampung Utara yang aktif sudah memberikan LHKPN (Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara) pada KPK,” kata Sekretaris Inspektorat Lampung Utara, Herty Lenie, Rabu (7/4/2021).

Herty sengaja menggunakan istilah pejabat aktif karena ternyata terdapat seorang mantan pejabat yang telah pensiun sejak dua tahun silam masih masuk dalam daftar pejabat wajib LHKPN. Fakta ini jugalah yang menyebabkan capaian LHKPN Lampung Utara tidak mencapai 100 persen.

“Kalau dilihat dari LHKPN pejabat aktif maka capaiannya sudah 100 persen. Sayangnya, mantan pejabat itu masih masuk dalma daftar sehingga capaiannya hanya 98,5 persen saja,” jelasnya.

Herty mengaku bahwa mereka telah berupaya semaksimal mungkin supaya mantan pejabat tersebut turut melaporkan hal itu. Sayangnya, kenyataannya tidak semulus harapan mereka. Mereka mengalami kesulitan dalam persoalan tersebut

“Sudah dilaporkan ke KPK. KPK akan menonaktifkan nama yang bersangkutan dari daftar pejabat wajib LHKPN,” terang dia.

Dengan kebijakan KPK itu maka Herty optimistis bahwa capaian LHKPN Lampung Utara akan mampu menyentuh angka 100 persen di masa mendatang. Keyakinannya didasari oleh pencapaian LHKPN yang dicapai pada tahun ini melebihi pencapaian sebelumnya.

“Ta‎hun lalu, kepatuhan pelaporan harta kekayaan para pejabat Pemerintah Lampung Utara hanya sekitar 60 persen saja,” katanya.

Feaby Handana

Loading...
  • Bagikan