Beranda Ekbis Ekonomi Seminggu Jelang Ramadan. Harga Sembako di Lampung Utara Naik

Seminggu Jelang Ramadan. Harga Sembako di Lampung Utara Naik

185
BERBAGI
Pedagang sembako di pasar tradisional di Lampung. (ilustrasi)

Kotabumi–Sepekan menjelang bulan suci Ramadhan, harga sembilan bahan kebutuhan pokok di seejumlah pasar di Lampung Utara terus mengalami kenaikan. Kenaikan harga itu terjadi pada daging ayam, gula pasir, bawang putih, dan bawang merah.

“Harga bawang merah naik dari Rp36 ribu/kilogram menjadi Rp40 ribu/Kg. Sedangkan, harga bawang putih dari Rp32/Kg ribu naik menjadi Rp40 ribu/Kg,” kata salah seorang pedagang rempah – rempah di pasar Dekon, Kotabumi, Sumaidah (37), Minggu (29/5).

Sumaidah mengatakan, kenaikan bumbu dapur ini telah terjadi sejak sepekan lalu. Kenaikan harga pada bumbu – bumbu dapur termasuk bahan sembako lainnya ini memang biasa terjadi menjelang bulan suci puasa dan lebaran.

“Kenaikan harga bawang dan lainnya ini memang biasa terjadi jelang puasa dan lebaran,” terangnya.

Ditambahkan Sumarno, pedagang sembako lainnya bahwa kenaikan harga barang juga melanda pada harga gula pasir dan daging ayam. Harga gula pasir saat ini mencapai Rp16 ribu/Kg. Sebelumnya, harga gula pasir dijual hanya dengan harga Rp13 ribu/Kg. Sedangkan harga daging ayam yang sebelumnya Rp19 ribu/Kg, kini telah menembus harga Rp22 ribu/Kg.

“Kenaikan harga sembako ini juga cukup mempengaruhi minat pembeli sehingga mengalami penurunan. Padahal, kenaikan ini memang biasa terjadi jelang puasa dan lebaran,” kata dia.