Beranda Teras Berita Semua Capres-Cawapres Lulus Tes Kesehatan

Semua Capres-Cawapres Lulus Tes Kesehatan

173
BERBAGI

Dewira, R. Usman/Teraslampung.com

JAKARTA – Pasangan calon presiden (capres) Jokowi-Jusuf Kalla dan Prabowo Subianto-Hatta Rajasa dinyatakan sehat dan memenuhi persyaratan sebagai capres dan cawapres.

“Hasil pemeriksaan kesehatan tim independen yang di bentuk KPU, kerjasama IDI dan RSPAD Gatot Subroto berdasarkan fakta-fakta pemeriksaan dan independen profesional, kedua calon di nyatakan mampu menjalankan tugas-tugas nya sebaga presiden dan wakil presiden, jika terpilih,” terang ketua KPU Husni Kamil Manik saat menyampaikan hasil pemeriksana tim medis, di gedung KPU, Sabtu (24/5/2014).

Husni mengatakan, meskipun sudah lolos tes kesehatan, pada calon presiden dan calon wakil presidn itu masih harus melengkapi kekurangan berkas administrasi. “Dua pasangan calon ini masih memiliki catatan-catatan yang perlu di lengakapi, dokumen nya saya kira tidak terlalu sulit,” ujarnya.

Sebelumnya, kedua pasangan calon presiden dan wakil presiden Jokowi-JK  tes kesehatan pada 22 Mei sementara Prabowo-Hatta Rajasa pada 23 Mei 2014.

Terkait  hasil tes kesehatam, KPU menjamin tim dokter pemeriksa kesehatan yang memeriksa kedua bakal pasangan capres-cawapres berlaku independen.calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres),

“Dokter sudah disumpah jabatan serta ada kode etik kedokteran. Jadi, siapa pun dokternya dan dari instansi manapun, sudah terikat dengan sisi netralitas dan independensi,” kata komisioner KPU, Ferry Kurnia Rizkiyansyah.

Ferry meyakini para dokter yang ditunjuk IDI sangat qualified dan independen. Sebelum melakukan pemeriksaan, kata Ferry, mereka disumpah dulu dan menjamin netralitas para dokter,” lanjutnya.

Terkait penunjukan RSPAD Gatot Subroto yang menjadi rumah sakit pemerintah dalam pemeriksaan kesehatan para bakal capres dan cawapres, KPU hanya mendapatkan rekomendasi dari IDI.

“Memang  rumah sakit pemerintah yang dapat ditunjuk untuk melaksanakan pemeriksaan kesehatan rohani dan jasmani. Dalam ketentuan, KPU tidak dalam konteks memilih rumah sakit. KPU hanya meminta rekomendasi dari IDI, rumah sakit yang layak untuk pemeriksaan kesehatan bakal capres dan cawapres,” kata dia.

Loading...