Beranda News Pusiban Semua Jalan di Lampung Siap Dipakai untuk Jalur Mudik Idul Fitri 2017

Semua Jalan di Lampung Siap Dipakai untuk Jalur Mudik Idul Fitri 2017

260
BERBAGI
Kadis PU dan Bina Marga Lampung, Budi Dharmawan

TERASLAMPUNG.COM — Meski ada beberapa ruas jalan masih dalam perbaikan, semua jalan provinsi dan jalan nasional di Lampung siap digunakan untuk jalur mudik Idul Fitri 2017.

“Jalan-jalan di Lampung siap digunakan untuk melayani arus mudik Idul Fitri tahun ini. Memang saat ini masih ada perbaikan pada ruas jalan nasional, tetapi pada H-10 dan H+15 tidak akan ada kegiatan perbaikan agar tidak menganggu kelancaran arus mudik,” kata Kepala PU dan Dinas Bina Marga Provinsi Lampung, Budi Dharmawan, Selasa (6/6/2017).

Menurut Budi Dharmawan, masalah perbaikan jalan ini kontraknya sampai akhir tahun dan bukan hanya mengejar target Hari Raya Idul Fitri saja.

“Soal jalan di Kabupaten Pringsewu dan Lampung Tengah yang rusak ya sama dengan kebijakan dari surat edaran Dirjen Bina Marga bahwa sampai H-10 dan H+15 tidak ada perbaikan jalan lagi. Selain itu kondisi kemantapan jalan sekarang sudah 90 persen keatas paling tidak masih bisa dilewati oleh kendaraan,” jelasnya.

Selain itu, kata Budi, ada enam posko Dinas Perhubungan di jalan nasional dan enam posko Dinas Bina Marga yang dilengkapi dengan alat berat.

“Nanti pada saat puncak arus mudik kami juga akan koordinasi dengan balai besar, kasatker di Lampung,dishub, kemenhub, kepolisian. Jadi ada rawan bencana dan rawan macet seperti tahun- tahun lalu.”

Budi mengatakan, sesuai dengan target RPJM, kondii jalan mantap 85 persen akan dicapai padda akhir 2019. Pada 2016 target jalan mantan baru mencapai 70 persen, sedangkan pada 2017 targetnya 75 persen.

“Kita usahakan bisa bertambah lima persen per tahun. Memang agak berat karena ada beberapa faktor penyebabnya. Antara lain degradasi jalan, ada rusak ringan akhirnya jadi rusak berat dan juga keteratasan anggaran. Makanya, kemampuan kami memperbaiknya ke keadaan mantap hanya 5 persen,” ujarnya.

Loading...