Beranda Ruwa Jurai Lampung Utara Semua Komponen Pembangunan di Lampura Diimbau Saling Dukung Capai Target

Semua Komponen Pembangunan di Lampura Diimbau Saling Dukung Capai Target

519
BERBAGI
Kepala Bappeda Lampung Utara, Syahrizal Adhar mewakil Plt Bupati, Sri Widodo membuka kegiatan Musrenbang 2018
Kepala Bappeda Lampung Utara, Syahrizal Adhar mewakil Plt Bupati, Sri Widodo membuka kegiatan Musrenbang 2018

Feaby|Teraslampung.com

Kotabumi–Seluruh komponen pembangunan harus saling mendukung dan menjalankan perannya masing – masing supaya laju pembangunan dapat berjalan sesuai rencana dan mencapai sasarannya.

Demikian diungkapkan oleh Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Lampung Utara (Bappeda Lampura), Syahrizal Adhar saat membacakan sambutan Pelaksana Tugas Bupati Lampura, Sri Widodo yang berhalangan hadir.

“Pemerintah, pelaku usaha, dan masyarakat merupakan komponen penting dalam perencanaan pembangunan. Kalau salah satunya tidak optimal maka pembangunan tidak akan bergerak maju,” jelas dia.

Menurutnya, perencanaan pembangunan yang baik itu harus disusun secara sistematis, terarah, terpadu, menyeluruh dan responsif terhadap perubahan. Perencanaan pembangunan juga dilakukan secara bertahap, sesuai prediksi jangka waktu yakni jangka panjang, jangka menengah dan rencana pembangunan tahunan.

“Musrenbang ini untuk menyusun rencana kerja perangkat daerah (RKPD) mulai dari kerangka ekonomi daerah, prioritas pembangunan, rencana kera maupun rencana pembiayaan,” terangnya.

Musrenbang RKPD juga, menurutnya, merupakan forum antar pelaku pembangunan dalam rangka menyusun rencana pembangunan nasional dan rencana pembangunan daerah. Tujuannya untuk menjamin terciptanya integritas, sinkronisasi dan sinergi baik antar daerah, ruang, waktu, antar fungsi pemerintah maupun antar pusat dan daerah.

Harapannya, hasil dari Musrenbang ini dapat memotivasi dan mengikat semua pihak untuk berpartisipasi dalam pembangunan. Musrenbang yang dilakukan ini merupakan tindak lanjut dari Musrenbang desa/kelurahan, kecamatan, forum konsultasi publik dan forum gabungan organisasi perangkat daerah.

“RKPD tahun 2019 yang akan dihasilkan hasil Musrenbang merupakan tahun terakhir dalam rangka pencapaian visi dan misi yang tercantum dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) tahun 2014 – 2019,” urai mantan Sekretaris DPRD Lampura itu.

Di tempat sama, Pejabat Sementara Gubernur Lampung, Didik Suprayitno yang diwakili oleh Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Lampung, Desi Desmaniar Romas menjelaskan, terdapat beberapa genda pokok dalam Musrenbang. Pertama pentingnya memelihara dan memperkokoh keselarasan kebijakan pembangunan antar jenjang pemerintahan. Lalu, tantangan dan isu strategis pembangunan Provinsi Lampung. Selanjutnya, sinergitas kebijakan pembangunan nasional dan Provinsi Lampung Tahun 2019. Terakhir, langkah strategi dan program atau kegiatan pembangunan yang perlu dilanjutkan oleh Pemkab Lampura dalam perspektif Pembangunan Provinsi Lampung.

“Di samping itu masih ada beberapa program strategis Daerah yang perlu disukseskan bersama seperti pada bidang sosial budaya dan pembangunan manusia, bidang perekonomian dan sektor unggulan, dan bidang nnfrastruktur dan pengembangan kawasan,” urainya.