Seniman-Pendongeng Iwan Sumantri Bonang Berpulang

  • Bagikan
Ivan Sumantri Bonang (duduk memegang gitar) dan Iin Mutmainah sedang mendongeng di sebuah ruang kelas Sekolah Dasar.
Ivan Sumantri Bonang (duduk memegang gitar) dan Iin Mutmainah sedang mendongeng di sebuah ruang kelas Sekolah Dasar.

TERASLAMPUNG.COM — Innalillahi wa inaillaihi roji’un. Dunia pendidikan dan seni di Lampung kembali kehilangan sosok pengabdi yang hampir seluruh hidupnya diabdikan untuk pendidikan dan kesenian. Ivan Sumantri Bonang (52), seniman dan pendongeng yang banyak berkiprah di dunia pendidikan anak usia dini (PAUD) dan SD, wafat karena sakit, di RSU Abdul Moeloek Bandarlampung, Jumat pagi (16/7/2021).

Kepergian Ivan menyisakan duka mendalam bagi dunia pendidikan terutama PAUD dan SD di Lampung. Hal itu karena jejak panjang kiprahnya di bidang dongeng bersama  istrinya, Iin Mutmainah. Sejak belasan tahun lalu, Ivan dan Iin mendirikan dan mengelola Rumah Dongeng Dakocan. Bersama Dakocan, Ivan dan Iin melakukan literasi dongeng kepada para guru PAUD dan SD di berbagai daerah di Lampung. Bahkan, Ivan dan Iin mendongeng hingga ke Provinsi Papua.

Ivan dan Iin juga banyak melakukan kegiatan sosial dalam bentuk mendongeng di panti asuhan dan tenda-tenda pengungsian korban bencana. Ketika terjadi kerusuhan di Balinuraga, Lampung Selatan, beberapa tahun lalu, misalnya, Ivan dan Iin bersama Rumah Dongeng Dakocan melakukan trauma healing bagi anak-anak pengungsi di SPN Kemiling, Bandarlampung.

Jenazah Ivan akan dimakamkan di TPU tidak jauh dari rumahnya di Kemiling, Bandarlampung, Jumat siang.

Selamat jalan Ivan….jasamu akan tetap abadi.

  • Bagikan