Senin Pekan Depan Bupati Lampura akan Teken Pinjaman dari PT SMI Rp122 Miliar

  • Bagikan
Uang/Ilustrasi
Uang/Ilustrasi

Feaby | Teraslampung.com

Kotabumi– Setelah lama menunggu, akhirnya Pemkab Lampung Utara mendapatkan kepastian akan mendapatkan pinjaman sebesar Rp122 miliar dari PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI). Penandatanganan pinjaman daerah yang berasal dari program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) itu akan dilakukan Bupati Lampung Utara Budi Utomo pada Senin pekan depan (4/10/2021).

“Penandatanganan kontrak‎ perjanjian pinjaman antara PT SMI dan pak bupati akan dilakukan pada Senin depan,” kata Sekretaris Daerah Kabupaten Lampung Utara, Lekok, Jumat (1/10/2021).

Selain mengabarkan tentang jadwal penandatanganan kontrak tersebut, Lekok juga menyebutkan, total pinjaman yang disetujui oleh Pemerintah Pusat melalui PT SMI ‎berjumlah Rp122 miliar.

“Total dana pinjaman PEN yang diperoleh berjumlah Rp122 miliar dari Rp124 miliar yang diajukan,” terangnya.

Menurut Lekok, dana pinjaman tersebut akan  dipriori‎taskan untuk memperbaiki kualitas infrastruktur di Lampung Utara. Pinjaman daerah ini akan dibayar selama lima tahun dengan bunga sebesar 5,6 persen.

Sayangnya, Lekok belum dapat menjelaskan apakah besaran bunga 5,6 persen itu bunga secara keseluruhan selama lima tahun atau bunga yang harus dibayarkan tiap tahunnya.

“Apakah bunga 5,6 persen itu bunga yang dibayarkan selama lima tahun atau bunga yang dibayarkan tiap tahunnya, yang lebih mengetahuinya pihak keuangan,” kata dia.

Dari Rp122 miliar dana pinjaman tersebut. Sebagian besar akan menggerojok ke Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Lampung Utara, yaitu Rp 106 miliar atau 85 persennya. Sisanya akan dipakai untuk proyek di Dinas Perdagangan.

  • Bagikan